Hasil Lab 12 minggu


Sabtu 31 Agustus 2013, waktunya kontrol sekalian cek lab. Jadi sebelum kontrol menghadap si dokter, saya cek lab dulu sekitar jam 9.20 pagi dan waktu kontrol saya jam 10 dengan nomor urut 1. Hihihi.

Ternyata kata orang lab nya, hasil lab bisa selesai kurang lebih 2jam. Yang berarti jam setengah 12an dong.  Padahal saya kontrol jam 10. Pede aja, masuk konsul dulu ke dokter, ntar hasil lab menyusul.

Cek lab yang diminta dr. obsgyn saya adalah : Prenatal Baru + Ureum Darah+Kreatinin Darah+SGOT+SGPT

Hasil Hematologi bagus kecuali untuk : Hemaglobin 11,7 (12,3 – 15,3); Hematokrit 34,0 ( 36,0-48,0); MCV 77,0 (80-100)

Hasil test urin  : Protein +2 (negatif); Eritrosit 1-2 (0-1); Blood +1 (Negatif). Yang jadi concernya si dokter cuma protein.

Cara baca hasil test urin bisa dibaca disini.

Hasil fungsi Hari, Karbohidrat sewaktu, Fungsi Ginjal, Hepatitis semuanya Bagus.

Si dokter sih agak kuatir ada gangguan ginjal, tapi hasil fungsi ginjal saya OK dan selama ini juga saya ga punya riwayat gangguan ginjal ataupun penyakit bawaan.

Akhirnya seharian kemaren, saya browsing2 mengenai nilai protein +2 dalam urin.

Dan menemukan link2 ini : satu, dua, tiga, empat

yang mana kesemuanya mengarah kepada : PRE EKLAMSIA

infonya bisa dibaca disini, disini, disini atau sumber lainnya.

Ya deg2an juga sih, karena kalo dibaca2 dari sumber2 tersebut kalau sudah mendekati waktunya, baby harus segera dilahirkan karena membahayakan si baby dan si ibu, tapi… tapi… saya kan baru 12 minggu. Piye iki?

Saat ini sih yang saya alami, agak sakit di sendi tumit kaki kiri. Temen saya yang dokter umum bilang sih itu salah satu bentuk pembengkakan walaupun sebenernya pada kasat mata gag keliatan bengkak, tapi rasanya susah diluruskan dan bengkok, jalanpun agak terseret2.

Tapi kan, tapi kan, tensi saya juga normal cuma 100/70.

Juga gag punya riwayat darah tinggi.

Walau agak overweight.

Pandangan masih jelas dan gag kabur,

jarang sakit kepala.

Ya maksudnya, dari beberapa gejala Preeklamsia itu cuma 1 yang memenuhi yaitu adanya protein dalam urin. Walaupun katanya pre eklamsia itu juga tidak bergejala. Hiks.

Semalem setelah konsul sama temen saya yang dokter umum, dia sih nyaranin :

Cek urin lagi secepatnya, diet rendah garam, NO MSG (termasuk mi instan), kaki yang sakit diganjel bantal sehingga lebih tinggi saat tidur, banyak istirahat, tidur miring kiri supaya pembuluh balik besar di perut gag tertekan rahim.

Dr. obsgyn saya sih nganjurin untuk cek urin ulang dengan memakai urin pertengahan (bukan urin yang baru keluar). Bila ada rasa keram/tegang di bawah perut segera ke dokter untuk kontrol.

Doakan aku ya.

Biaya :

Tes Paket Prenatal Baru : 240k

Ureum Darah : 52k

KReatinin Darah : 52k

SGOT : 52k

SGPT : 52k

Total 448k

Pribadi, no asuransi 😦

2 comments

Leave some words

