kontrol 26 minggu


Aloha, masih dalam rangkaian pending posting.

Sabtu, 7 Desember 2013.

Waktunya kontrol 26 minggu. Dapet giliran no 1 dong, secara kita bookingnya dari bulan lalu pas sebelum meninggalkan RS saat kontrol 21minggu. Kayanya cuma saya doang deh yang doyan booking di setiap akhir kunjungan kontrol sebelumnya.

Ditimbang, 78 kg (naik 4,5 kg dari 5minggu lalu). ditensi. 100/70.

Ke kantin sebentar ‘mengabsen’ kue lumpur favorit suami saya. Lagi asik2 ngunyah, ga lama dipanggil masuk ke ruangan dokter obsgyn.

Dokternya agak ‘syok’ karena saya BB naik cukup drastis sampe hampir 5kg. Saya bengong. Oh kebanyakan toh naiknya?

Ternyata harusnya naiknya 2kg aja perbulan. Ahahaha. Telat si dokter ngasih taunya.

Saya dan suami saya ngakak aja. Secara tiap kali saya laper, pasti dibawain nasi beserta laukpauknya. Sekalinya komplen kenapa harus nasi mulu, eh suami saya berkilah, “kalo bukan nasi ntar cepet lapernya”. Wakakakak.

Jadi, karena naiknya BB saya itu, si dokter menganjurkan makan nasinya ya tetap 3x sehari aja. Antara makan pagi sama makan siang ada cemilan. Entah buah.jus alpukat, es krim, atau susu. Begitu juga antara makan siang ke makan malam ada cemilannya. Makan malemnya jam 5an. Wew?!

Trus sayanya komplen, “lah dok kalo saya tidurnya kemaleman keburu ketemu laper lagi. Trus saya musti gimana?”

“ya ngemil buah aja, atau makan malemnya pake beras merah”

Saya angguk2. Berarti harus mengubah pola makan. Karena biasanya kalo pagi tuh saya hajarrrr bubur kacang hijau lanjut sama bubur ayam kadang sama susu. Ntar menjelang makan siang kira2 jam 10.30 saya makan nasi. Ntar jam 1an makan nasi lagi, jam 3an makan lagi, sesudah magrib makan nasi lagi bersama jus alpukat. Gimana emaknya gag makmur?!

Lanjut periksa USG perut. Hohoho. Si baby beratnya sudah 900gram an, sementara menurut babygaga,com untuk ukuran 26minggu harusnya sekitar 770 gram. horeee… good baby 🙂 *emaknya seneng. Gak papa lah emaknya naiknya banyak, toh ke anaknya juga.

Temen saya, si bumil juga kemaren cek 25 minggu baru 700 gram an. Hohoho.

Si baby pas di USG juga aktip, mulutnya nguap2. Si dokter sih bilang air ketuban cukup, plasenta juga bagus. Semua organnya lengkap. Ditunjukin satu2, jantungnya, otaknya, tangan kanan-kirinya, kaki kanan-kirinya.

Senangnya :).

Saya dan suami sempet tanya2 mengenai ‘ikatan’ kemarin kapan mau dibuka. Si dokter bilang sih kalo ga ada kontraksi ya dibuka pas minggu ke 36 saja. Kalo ada kontraksi dibuka pas minggu ke 32. Tapi lupa nanya, apakah dengan dibukanya ikatan itu pasti bisa lahiran normal atau ada kemungkinan sesar juga?!

Saya sempet nanya kapan saya boleh mulai jalan2 pagi kaya bumil2 lainnya dan juga senam hamil.

Si obsgyn menimbang kondisi saya yang kemaren di cerclage, beliau bilang bumil2 normal biasanya mulai di minggu ke 30. Khusus untuk saya, mungkin agak mundur sekitar di minggu 32.

Si obsgyn menyuruh saya untuk test urin lagi + Toleransi Gula (yang pake puasa). Tes urinnya saya lakukan hari itu juga, mumpung di RS. Sementara test TTGO nya nanti aja, lagi mikir waktu yang tepat untuk puasa 10 jamnya itu.

Berhubung kontrol lagi sebulan lagi, berarti 26+4 minggu = 30 minggu, yang artinya minggu ke 28 saat mulai pencatatan gerakan bayi terlewatkan. Jadi si dokter ngasi tau PMO (personal maternity officer) untuk ngasih kartu gerakan bayi dan cara pencatatannya. Di atas 30 minggu, kontrolnya jadi per 2 minggu.

Ini bentuk penampakannya :

IMG-20131210-00657

jadi kartu ini berisi tentang gerakan bayi selama 12 jam. Mulai dari minggu ke 28 tertera baris Senin-Minggu yang berpotongan dengan kolom 1-10 dan kolom jam pencatatan. Cara mengisi kartu monitor gerak janin :

1. Isi kolom waktu dengan jam pertama saat merasakan gerakan janin. Misal pas bangun tidur mau sholat shubuh si janin sudah nendang sekali. Jadi tulis di kolom jam : 05.00 – ….

Pencatatan dilakukan selama 12 jam, yang artinya kalo mulainya jam 5pagi, berarti pencatatan berakhir jam 5sore. Kalau selama jam 5 pagi itu dia bergerak lebih dari sekali, tetep di kasi tanda centrang di kolom 1 aja. Nanti kalo jam 6 bergerak lagi, centrang lagi di kolom 2, begitu seterusnya.

Kalo si janin bergerak ketika kita tidur malam, misal jam 01.00 atau jam 02.00,ga usah dihitung. Tapi hitungannya dimulai dari kita mulai bangun tidur. Begitu kata si PMO yang ngejelasin kemaren.

2. Kalau sampe 3 kolom berturut2 dalam hari yang sama si janin ga bergerak, SEGERA ke RS untuk di observasi lebih lanjut untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan. Kalo kartu ini hilang, harus segera minta lagi ke RS.

Kalo ga salah sih begitu cara ngisinya. Hehehe.

Selesai konsul sama obsgyn dan PMO, saya ke lab untuk test urin. Lalu balik lagi ke tempat semula. Gag lama dari kamar konsul obsgyn yang lain keluar bumil yang mukanya familiar. Saya yakin-ga-yakin itu si Davinna bukan ya? Mau manggil takut tengsin takut salah orang, tapi kok mirip banget ya. Akhirnya saya sms dan bener dia Davinna tapi sudah meninggalkan RS sehingga ga sempet say hi deh.

Hasil urin yang dijanjikan sejam molor jadi sekitar 70menit. Bukannya napa2, perut udah laper banget, mau cepet2 pulang makan siang. Itu pun saya udah sempet ke booth nya Anmum di depan kafetarianya. Lagi ada promo :D, beli 2 box 200 gram dapet 1 box 200 gram yang rasa plain hanya dengan 74rb. HOhoho. Lumayan, 74rb dapet 3×200 gram.

Hasil test urin masih sama, masih ada protein di urin (proteinuri) dengan hasil +3. Balik lagi ke obsgyn, pas banget si obsgyn keluar bawa tas dan ipadnya. Beliau merekomendasikan saya untuk konsul lagi dengan internist.

Booking lagi ke front desk untuk konsul ke internist hari Selasa sore jam 4-5. Dapet urutan nomor 1.

Setelah selesai konsul dan administrasi, suami saya baik banget menghibur dengan nawarin makan siang dimana. Ahahaha. Saya langsung spontan, pizza! eh tapi pengen juga nyobain mi bangka awat di ruko Grand Galaxy 1M itu. Mengingat lokasi Pizza terdekat di kalimalang dan itu ada di sisi yang bersebrangan dan lalulintas yang padat, akhirnya kita makan siang di bakmi awat.

Saking lapernya, bener2 ga kedengeran ternyata HP saya nyanyi mulu. Baru pas masuk mobil baru ngeh kalo ada sms dan beberapa misscall dari nomor yang sama. Ternyata si SPG Anmum tadi yang lupa ngerobek barcode bonus rasa plain tadi. Untungnya bakmi awat ga jauh dari RS dan suami saya bersedia balik, jadi ketemuan sebentar di luar trus si mbak SPG dateng menghampiri saya untuk merobek barcode bonus tadi.

Kunjungan kontrol hari itu lumayan lama, baru selesai dari RS sekitar jam 2siang dan saya sudah teler2 aja kecapean. Padahal di RS cuma duduk di korsi roda, di perjalanan cuma duduk di mobil. Hihihi.

Alhamdulillah minggu ke 26 berjalan lancar :).

Biaya :

konsul : 126k

resep : Ferofort 30 kapsul 64,5k; osfit DHA 30 kapsul 121,5k; ascardia 80 30 tablet 32,1k

lab : urin lengkap 52k

total : 396,1 k | pribadi

Advertisements

8 comments

  1. pits kemarin juga kelebihan tuh dd 300gr, klo bb sendiri ambil stabil sih.. krn takut pas makin gede kudu diet.. banyak temen yang menyarankan, mendingan jaga makan dari sekarang, dari pada nanti pas gede disuruh diet menderita, karena pas gede napsu makan makin gede, sekarang aja g berasa pengen na ngunyah terus, tiap jam 2-3 pagi gitu dd pasti minta makan, sejauh ini masih bisa di ganjel susu doank, klo udah ga bisa di ganjel susu yang nanti g akan bingung ^^

    1. ganjel pake buah pit. gua udah coba. kalo ganjel pake buah emang cepet kenyang, tp cepet laper juga tapi kayanya ga begitu ngaruh banyak ke BB si ibu. Ahahaha…
      btw, makasih chit chatnya di bbm 🙂

      1. nah buah itu nyari variasinya yang males hahaha… pisang ga bisa setok lama2..
        maap yah klo g suka lama balas chit chat na, soalnya itu bb buat opis, spam na banyak, lom biasa g banyak meeting, kelar meeting sibuk! *sok sibuk gitu*

        1. bener banget emang kalo nyetok buah susah. Kudu beberapa hari sekali beli. Gua aja beli pisang ambon sesisir, tapi yang rada mau mateng supaya kuat disimpen beberapa hari.
          alpukat juga gitu. belinya yang mengkal supaya bisa diperam.
          mengenai bbm, santai aja bu. dimaklumi kok 🙂

Leave some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s