perkembangan 27 minggu


menurut babygaga.com, 27 minggu itu beratnya sudah 900 gram, panjang sekitar 36cm. Hoho, kemarin kontrol 26 minggu aja sudah 900 gram lebih ya nak?

Menurut aplikasi kehamilan yang saya install di android dengan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) tanggal 7 Juni 2013, perhitungan pergantian minggu kehamilan setiap hari kamis. Nah kamis besok tanggal 19 Desember 2013 berarti masuk ke minggu ke-28.

Perkembangan di minggu ke 27 pusar sudah mulai menonjol. Jadi kalo pake kaos gitu, nyembul deh posisi pusar. Mulai terbentuk garis vertikal dari bawah payudara hingga ke bawah perut. Amazing loh.

Adalagi yang lebih mengagetkan. Tepat pada hari kamis tanggal 12 Desember 2013 kemarin, saya tiba2 merasakan ngilu yang lumayan di area ‘bawah’/pelvic. Rasa ngilu itu terasa saat saya berganti posisi dari duduk setelah nonton TV ke posisi rebahan.

Biasanya kalau mau rebahan itu, saya duduk dulu di pinggir bed, lalu rebahkan bagian samping tubuh (posisi miring kanan) dalam hitungan detik ke bed, satu persatu kaki diangkat untuk naik ke bed. Saat kaki kiri duluan yang diangkat, rasa ngilunya makin terasa. Wewwww… saya kaget. Ini kenapa? Something wrong kah??

Rebahan ke bed aja rasanya susah banget, pelan2 banget. secara, gerakin kaki kiri dikit aja kerasa ngilunya. Naik ke bed pun dengan posisi miring kanan, yang artinya kalo saya tidur saya ambil posisi miring kiri, berarti kan harus ganti posisi lagi, teeeengggggg ngilunya kerasa pas kaki kiri mulai digerakkan. Ya tahan2 aja lah.  Jadi, sekalinya dapet posisi miring kiri, saya ‘mematung’ ga mau ganti2 gaya lagi supaya ga kerasa ngilu.

Suami saya udah ketakutan aja nih, jangan2 karena aktivitas jalan2 saya ke dapur, ke tetangga, ke depan, terlalu banyak. Dia bilang saya pecicilan. Ahahaha. Padahal mah ya biasa aja gitu. Masih banyakan aktipitas di tempat tidur, kadang tidur, kadang browsing dengan posisi putri duyung miring kiri, kadang main game di henpon, sibuk BBM an. Sebisa mungkin semua dilakukan di tempat tidur dan saya rasa, itu semua bukan aktivitas berat yang terlalu berlebihan. Gegara itu, saya sempet ga diijinin pegang laptop selama beberapa hari. Kerjaan saya pokoknya rebahan, rebahan dan rebahan.

Sampe suami saya memberdayakan kembali kursi roda yang waktu itu kita kira ada di gudang atas untuk mobilisasi saya kalo mau berkunjung ke rumah sebelah (rumahnya si mama). Ternyata, kursi rodanya lagi dipinjem sama sodara dan baru besokan paginya dianterin. Akhirnya ya dipake deh kursi rodanya kalo ada suami saya (secara dia kan yang dorongin). Kalo ga ada dia mah, ya manual aja gitu alias jalan kaki. Hihihi.

Mengenai keluhan ngilu ini, saya ambil henpon dan  BB, ketak ketik sms beberapa orang. Si dokter obsgyn, bbm si temen bumil saya yang lagi bedrest dan bumil blogger. Sms si dokter kaga di bales, kayanya beliau lagi sibuk berat kali ya. Bbm-an sama temen saya, dia bilang dia juga ngerasa gitu, tapi ya sebentar doang. Lama2 terbiasa dan ga dirasa.

Bbm sama bumil yang juga blogger, katanya dia juga ngerasa gitu, tapi dari usia 4bulanan. O? Malahan dia punya postingan khusus mengenai posisi untuk rebahan supaya lebih nyaman 🙂

Saya sms suami saya. Dia telpon ke RS nanya ke bidan PMO. Kata si bidan PMO tersebut, selama perut ga kenceng, ga ada flek, gerakan si baby masih aktip, itu gak papa. Itu karena posisi kepala si baby lagi di bawah dan nyundul2 bagian bawah emaknya. Tapi kalo sakitnya terus2an, mendingan segera dibawa ke RS.

Jadi, seharian itu saya rebahan aje dengan 1-2 gaya. miring kiri, terlentang. Bosen. Tapi ya gimana lagi? gerak dikit teeengggggg ngilunya kerasa.

Malemnya, setelah suami saya sampe rumah, dia berkali2 ditelpon sama bidan PMO RS, beliau nanyain kondisi saya apakah masih mengkhawatirkan mumpung malem itu si obsgyn praktek.  Ngilu sih masih. No flek. Perut biasa aja gak kenceng2/tegang, baby juga masih aktip. Saat itu sih saya dan suami setuju kalo semuanya masih terkendali jadi ga perlu ke RS. Ya mungkin perlu membiasakan diri aja dengan keadaan seperti itu. Toh bumil2 lainnya juga merasakan hal yang sama.

Trus apa yang saya lakukan untuk menguranginya? Sempet nyoba dari posisi berdiri dipinggir bed, trus naikin lutut kaki satu per satu ke bed (jadi posisi merangkak) trus baru jatohin badan ke posisi miring yang diinginkan. Tapi ya sama aja, pas kaki kiri naik duluan, teeengggg kerasa nyerinya.

Jadi ya saya pikir, semua ada prosesnya, cuma kayanya emang semua aktivitas harus dilakukan secara perlahan. Jadi kalo mau rebahan, duduk dulu sebentar di pinggir bed beberapa saat, ya semenitan lah. Baru deh mulai prosesi jatohin badan dan naikin kaki. Ga nyeri? Tetep nyeri. Tapi agak berkurang. Mungkin karena udah terbiasa, jadi udah ga kaget lagi :D.  Ya itulah salah satu nikmatnya bumil. Oiya mengenai pelvic pain during pregnancy bisa dibaca disini. Kalo menurut saya sih, selama :  perut ga kenceng, ga ada flek, gerakan si baby masih aktip, kitanya masih bisa jalan2. ga ada yang perlu dikhawatirkan. Tapi emang sih kondisi tiap bumil berbeda, kalo dirasa sudah sampai dibatas ga nyaman, silahkan konsul dengan obsgynnya :).

PS. Saya masih belum nemu template wp yang free dan bagus, jadi ya, hari ini dapet template ini, besok udah ganti lagi. Hehehe.

Advertisements

3 comments

  1. g awal pas ngilu kaget juga sih, tapi karena waktu itu ngilu na deket2 mau check up pas check up di tanyain, sempet di pencet2 ama si Prof. katanya gpp, trus masalah tulang g yang melengkung, sempet di pukul2 pinggang bagian kanan, di pegang2 tulang na. sempet ditanya sebelum hamil melengkung ? g bilang enggak, habis di raba2 dia bilang tulang g enggak ada kelainan, artinya efek hamil makanya jadi melengkung dan klo duduk lama atau berdiri jadi na sakit ^^

    1. ow baru tau loh kalo hamil bisa bikin tulang melengkung.
      hihihi iya, ngilu itu bikin kaget. makasih loh sharingnya di bbm kemaren.

Leave some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s