kontrol 30minggu – USG


lanjutan dari sini.

Setelah puas bertanya dan mengutarakan keluhan, lanjut ke observasi menggunakan USG. Kali ini USG perut biasa. USG nya, USG 2d, tapi pas jelas banget keliatan muka si baby, saya kaget. Saya inget, dimana saya pernah liat muka itu. Oiya! di poto dinding rumahnya si Mama. Poto suami saya waktu masih bayi! MIRIP banget muka bapaknya! Pipinya pun tembem :). Cakep ๐Ÿ™‚

Bener2 anak tempe, anaknya si Papa. trus mana saham emaknya? kok ga mirip saya??? :((

Jenis kelaminnya sudah dipastikan sang jagoan! Beratnya sekitar 1520 gram. Kurang sedikittt dari perkiraan obsgyn untuk 30minggu sekitar 1600g. Gerakan si baby aktip. Posisi masih sungsang, tapi kan nanti masih bisa berubah. Air ketuban cukup. Tali pusat pun dalam kondisi normal. Alhamdulillah. Pas selesai observasi USG, si obsgyn baru bilang, “pak harusnya tadi bapak rekam hasil USGnya. Eh telat ya?”

Yah dok, kita kira kaga boleh karena takut mengganggu konsentrasi si dokter T_T. Kontrol selanjutnya deh, kita pidioin.

Setelah rebahan, lanjut ke kursi ngangkang untuk cek keputihan. Di luar bersih, lanjut periksa dalem pake spekulum. Udah lama ga berinteraksi dengan USG transvaginal, jadi ngerasa ga nyaman juga. Dulu mah tiap kontrol selalu pake USG Transvaginal jadi terbiasa gitu dengan peralatan yang lewat ‘bawah’. Si dokter melakukan cuci Miss V. Rasanya sih udah ga seperih pencucian yang pertama, biasa aja. Cuma yang agak2 gimana tuh pas si spekulumnya diputer2 cari posisi yang cocok untuk ngeliat sisa2 keputihan. *derita wanita. Saat pembersihan ini si obsgyn mendeteksi adanya ambeien dan sempet nanya apakah ambeiennya mengganggu atau engga. Saat itu saya jawab ga sakit.

Dengan posisi bayi sungsang gitu, si dokter sih menganjurkan saya untuk melakukan gerakan senam anti sungsang.

Posisi menungging. Tangan rileks disamping tubuh dan kedua kaki terbuka, ditekuk sejajar bahu. Letakan kepala dikedua tangan, turunkan dada perlahan-lahan sampai menyentuh kasur, kepala menolek ke samping kiri atau kanan. Letakan siku diatas kasur, geser sejauh mungkin dan tubuh kesamping. Ulangi gerakan sampai 8x.

Berapa lama? 5 menit aja sehari. 5 menit juga udah bagus, kalo ga biasa 3menit juga udah bagus karena biasanya sesak napas. Ngelakuinnya jangan di kasur, tapi di lantai dialasin matras. Si suster sempet meragain gerakannya posisi bahu, kepala dan dada di meja si dokter. Tapi sampe sekarang saya belum berani ngelakuinnya. Lagi mikir gimana ntar bangunnya, karena selama ini belum pernah badan saya nempel ke lantai *selain pastinya kaki buat jalan. Atau kata temen saya yang kemaren lahirannya spontan dan ga lama langsung brojol, sering2 aja ngepel lantai manual ala mbok2 yang pake nungging2 itu :D.

Kontrol selanjutnya 2minggu lagi, kontrol 32minggu dengan target berat bayi 2000g. Karena kondisi saya, yang mana protein terbuang lewat urin, si ย obsgyn menyarankan untuk mengkonsumsi 4 butir putih telur/hari. Fyi aja, di beberapa minggu lalu saya makan sehari 1 butir putih telur aja cuma bertahan beberapa hari karena rasanya yang gimana gitu, sekarang disarankan 4butir? wew.

Tapi ya demi si baby, mau-ga-mau harus dilakuin. Untungnya suami saya ga keabisan akal, ย tiap pagi sebelum kerja, dia buatin saya 4 butir putih telur orak-arik pake bawang bombai dan bawang putih+kecap. Rasanya? Lumayan. Selalu ludes saya santap baik sebagai cemilan ataupun sebagai lauk bersama nasi :). Maacih papa *kecup.

Biaya :

Konsul obsgyn 133k; ascardia80 20 tablet 21,4k; Osfit DHA 15kapsul 60,8k; ferofort 15 kaplet 32,3k; vaginal toilet 30k; transofix 50k. Total 339,2 k

(bersambung)

Advertisements

17 comments

  1. kenapa ga suka telor, g malahan suka banget, saking sukanya kemarin itu kebanyakan makan telor, malah jerawatan jadi na :D. Dan semenjak g tinggal di PMI, mertua g setok telor tuh banyak banget, sampe suatu hari pernah kehabisan wakakaka ^^
    telor dadar dikasih parutan keju, di kocok trus di goreng enak lho ^^

    1. gua suka telor pit, tapi kalo putihnya doang tanpa kuningnya rasanya gimanaaa gitu.
      cobain deh. MIL gua pernah bikinin putih telur yang udah direbus trus dibuat kaya semur gitu, awal2nya sih mau, tapi kalo tiap hari kaya gitu eneg aja gitu rasanya. Kan kuning telur yang bikin telur jadi legit ๐Ÿ˜€

      1. putih telurnya dimasak sop bening, atau dijadiin telor tim (chawan mushi), dikasih topping2 kek udang, naruto, dll hahaha…
        atau yah bikin kek seolah2 siomay dengan ikan, pare, tahu dan putih telur, ada bumbu kacang na, pakai saos sambel ๐Ÿ˜€ duh g jadi pengen siomay, tapi klo bumbu kacang na pedes, biasanya g pakai 1 sendok makan aja kecapna dibanyakin ^^

        1. waduh, laki gua blom mahir sampe situ. apalagi dgn ambei sekarang, gua bnr2 dilarang makan cabe. dari yg pedesnya cuma dikiiiitttt sampe pedes banget.
          hambar bgt dah makanan selama ambei ini -_-

  2. Hallooo mba, salam kenal.. Mba d periksa d rumah sakit mana? Dokter’y siapa? Kalo toilet vagina u/ keputihan kita yg minta ke dokter apa dokter yg melakukan tindakan itu??

    Makasih yaa mba ๐Ÿ™‚

    1. halo mbak wina. salam kenal.
      aku di RS hermina galaxy sama dokter zakia spog.
      kalo pas tindakan pembersihan sih, si dokter yang rikues ke suster untuk diambilin ke apotek sebagai salah satu ‘bahan dan alat’ tindakan tersebut.
      ga cuma tisue ada cairan lain yang dipake mbak, kalo ga salah larutan inpus NaCl sekian persen gitu.
      setau ku sih ga bisa dilakukan sendiri karena miss v di buka dulu pake cocor bebek/spekulum.
      stlh tindakan, aku diresepin sabun cebok lactacyd kalo2 keoutihan lagi ๐Ÿ™‚
      hope it helps

          1. Keputihan aq udh lama, udh bolak/ik k spog. Tp blm prnah d toilet vagina, jd cuma d kasih obat sm d liat vagina’y aja.
            Nah slasa kmaren aq k spog lg bawa hsl lab, cuma d kasih obat yg d masukin vagina aja. Skg hari ke-2 pake obat ini.
            Aq blm hamil, skalian kmren d kasih obat penyubur jg sm dktr.
            Kl mba kputihan’y ada sblm/stlah hamil?

            1. sblm hamil jg kadang keputihan, tapi kan ya ga begitu concern, palingan karena hormon aja.

              setelah hamil cukup jd perhatian spog karena hamilku agak2 riskan jadi semua kemungkinan faktor yg bisa mengganggu kehamilan diatasi.
              Meskipun kalo lagi hamil wajar kalo keputihan.

              Aku malahan selama hamil blum pernah dikasi obat keputihan via vagina. Beda2 mungkin ya kondisi dan treatmentnya.

              kalo kurang sreg dengan dokter tersebut, mungkin bisa cari second opinion ke spog lain say.

  3. Mbk saya jg hbis psang cerclage bln 10 kmrn.tp saya kok sring flek ma kontraksi y.ini uda 28 minggu mlah sring kontraksi & keluar darah.jadi takut ๐Ÿ˜ข

    1. kalo aku, tiap kali kontrol paska cerclage, selalu ditanya, sering kontraksi/perut kenceng2/keram perut ga?
      alhamdulillah sih engga karena aku full bedrest, ga berkegiatan.
      ngeflek sih sekitar semingguan, tp abis itu lancar jaya sampe kemarin dilepas jaitannya.

      kalo sering kontraksi gitu, konsul sama obsgynnya, mungkin dia advise untuk keluhan dikau. good luck ya ๐Ÿ™‚

  4. Sini aku aja yang makanin telornya *tapi bayinya udah lahir hahahhahahhahahha…
    Enakkkkk tau bun putih telur ituuuu pake ketapppp aku bisa makan selusinnnnn sini sinilah aku aja yang makan hahahahhaa…

    Tar klo aku hamil aku tanya2 ya hahahhahaha,, nikah aja belom bzzzzzzzz

Leave some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s