kontrol 30minggu – tepar


lanjutan dari sini.

Setelah semua urusan di RS selesai, kami pun cao dengan agenda mampir ke Pizza h*t terdekat. Iyeyyyy, akhirnya jadi juga deh makan pizza, setelah kepending sebulan yang lalu.

Suami saya nyari taksi. Memang ya, taksi burung biru itu jarak dekat banget juga mau aja loh. Ga sampe 20menit, saya udah sampe di gubuk pizza terdekat.

Kalo ga salah sampe situ udah ampir jam setengah 3an, jadi outletnya udah ga begitu rame sama tamu yang makan siang. Langsung pesen pizza medium, soup & salad, jus alpukat+float, blueberry sorbet.

Hap hap hap, salad, pizza+saos, jus, ludes seketika. Tinggal tersisa jatah soup yang belum diambil, akhirnya dibungkus bareng 1pizza medium take away. Ga lama di outlet itu, palingan 45menit.

Sementara nunggu pizza take awaynya, suami saya manggil taksi lagi untuk mengantar kami pulang. Taksinya nunggu sebentar dengan saya yang udah duduk manis di dalamnya. Langsung capcus pulang.

Sampe di rumah, pizza take awaynya langsung diserbu si ade2. Sementara saya langsung istirahat, rebahan dan ga keluar2 rumah lagi.

Mendadak selama rebahan itu saya ngerasain sakit di bagian bokong. Ternyata eh ternyata, ambeien. Nah loh? Kok bisa? Padahal tadi ga papa kok. Tadi ditanya obsgyn di RS, baik2 aja, ga kerasa sakit.  Suami saya langsung browsing dan menemukan pemicu kambuhnya ambeien itu karena saya terlalu lama di RS dengan kursi roda, juga dengan puasa yang kelamaan dan buka puasa brutal dengan yang pedes bukan nasi pula, ditambah dengan makan siang yang super telat.  Jadiii deh ambeien T_T. Jangan2 si suami kaga ikhlas traktir saya pizza, mangkanya kejadian kaya gini deh -_-

Huhuhu… ganti gaya rebahan aja sakit. Akhirnya sms an sama obsgyn, katanya pake salep factu aja, bisa dibeli bebas di apotik. Suami saya langsung meluncur ke Cent*ry dan pulang2 bilang gini, “Mamaaaa… obat2mu tuh yaaaa… ga ada yang muraahhh”

faktu

faktu

O… oww… pasti harganya lumayan. Bener aja harganya sekitar 100k.  Langsung dibuka, trus kita bengong. Ada salep dan corong bolong2nya. Gimana cara pakenya? Mana manualnya pake basa inggris -_-. Akhirnya nanya sama bu dokter, sobat kental.

Dia bilang ambeien itu wajar terjadi pada bumil. Dikompress aja pake air hangat+dett*l. Saran kompres ini ga saya laksanakan, karena saya aja mandinya duduk, gimana caranya ngompres bokong tapi dengan posisi ga nahan perut? Akhirnya saya bilang, saya disaranin pake salep, cuma bingung sama corong bolong2nya untuk apa. Katanya, pakein aja salepnya dipermukaan. Oww… baiklah, jadi corongnya ga dipake.

Ga cuma itu doang deritanya, ternyata gara2 buka puasa sama yang pedes2 dan telat makan pula, ga makan nasi tapi pizza, perut saya  bergejolak, banyak anginnya. Akibatnya, diare. Bentar2 mencr*t. Mencr*t aja ga nyaman, apalagi dengan ditambah kondisi khusus ambeien, coba ituuuu!!!! huhuhuhu T_T.

Panik, sempet bbm an sama nyonyah pitshu dan ngobrol2, syukurnya dia ga mengalami hal ini meski pernah ngalamin susah pup. Nyonyah pitshu ini semacam google versi manual dan bisa ditanya via bbm loh, pasti punya jawabannya. Referensinya oke bangedd!. Thank you pit 🙂

Untuk ‘masuk angin’ kaya gini, nyonyah pitshu tidak menganjurkan kerokan tapi menganjurkan untuk bikin air jahe. Catet… BIKIN bukan beli. Tapi ujung2nya, dia bilang juga sih : kalo ga, bisa beli ditukang jamu. Gubrag. Ahahahaha.

resep air jahe : 200 g gula merah, 400g jahe (dicuci trus dikeprek *dimemarkan maksudnya* sebelum masuk ke air), 2mL air, 2 batang sereh, mau pake pandan juga boleh biar wangi, pake garam dikit biar wangi. Dimasak sampe mendidih, trus minumnya segelas kecil tukang jamu. Kalo bersisa, bisa ditaro di kulkas dan kalo mau diminum lagi dipanasin dengan cara di tim (bukan di mendidihin langsung kaya manasin air ya)

Alhamdulillah sih sebelum sempet bikin ataupun beli air jahe, angin2an di perut udah pergi. Tapi, diarenya masih tetep. Kena kipas angin dikit langsung mules, setoran di wc. Mangkanya beberapa hari ini kalo mo tidur malem, setelah AC hidup, atur posisi bantal kepala, saya udah ambil posisi yang benar, dipakein kaos kaki, baru deh ditutupin selimut. Saya ga bisa make kaos kaki sendiri, susah aja gitu, tapi anehnya kalo pas kebelet kok bisa cepet2 ngelepas kaos kaki sendiri dengan gaya lipet kaki sana, lipet sini 😀

Jadiii, mulai dari hari Sabtu itu sampe dengan hari ini, saya masih pake salep itu sampe sekarang. Saya kira dengan salep yang harganya lumayan itu, bengkaknya bisa langsung kempes, ternyata engga juga -_-.

Bahkan saya pake pembalut, karena sebentar2 bleeding dari ambeien tsb. Lumayan untuk menghemat penggunaan CD, secara sekarang kan musim ujan, laju konsumsi harus disesuaikan dengan laju pengeringan jemuran :D, juga supaya ga ribet kalo mo sholat, tinggal ditanggalkan dulu deh 😀

Btw, kalo ada ambeien ini kayanya ga bisa lahiran normal ya? 😦

oiya, kalo kata penderita ambeien, musuh utama ambeien adalah pisang, jadi jangan makan pisang dulu ya kalo lagi kambuh.

Jadiiii, karena kasus ambeien ini, saya lanjut bedrest lagi. Ga boleh kebanyakan duduk dan kebanyakan berdiri/berjalan. ini aja pegang laptop dan posting banyakan pake nyuri2 waktu. Hihihi…. oww nooo…

Perjuangan banget ya :D.

Selesai.

Advertisements

7 comments

  1. Mak Ratu, di RS kok pake kursi roda dan puasa mak? Ada apa?
    Iya katanya gitu. Kalo kelamaan duduk bisa ambeien. Tapi aku baru denger, yg ambeien gak bisa lahiran normal. Semoga cepet sembuh ya ambeiennya ya

    Oya. Kalo makan pizza pas lagi hamil itu kayaknya kenapa surga banget ya? Padahal kalo lagi gak hamil rasanya biasa aja nothing special 🙂

    Soal CD, walopun musim ujan, aku tetep gonta ganti CD di rumah. Jd rajin nyuci. Di minggu terakhir trimester gini malah makin gencar gantinya. 1 hari bisa minimal 3x 🙂
    Soal gak kering, aku bantu pakai gosokan. Jadi walopun gak sampe kering bgt minimal membantu gak basah2 banget.

    1. pake kursi roda itu permintaan dokternya dalam rangka eike kan masih ga boleh kebanyakan jalan dan berdiri.
      Puasa kemaren itu untuk test toleransi glukosa yang mengharuskan puasa 10-12jam + 2jam lagi.

      iyaaa… kalo lagi pengen dan terpenuhi keknya surga banget. padahal kalo lagi ga hamil ya biasa aja.

      agak ribet mak, karena aku kan dicuciin. sementara si pencuci nyucinya seminggu sekali, bisa depisit dan CD-less aku. ahahaha. yah mana2 aja yang baik, kebetulan aku masih ada stok pembalut, ya sudahlah pake aja dulu 🙂

      1. Oohh gitu tooh. Emangnya ada apa mak gak boleh kebanyakan jalan dan berdiri? Karena ambeien itu?

        Glukosa dirimu emangnya tinggi mak? Soalnya aku juga disuruh ambil darah tapi gak perlu puasa.

        Oooww dicuciin. Pantees 🙂 tak kira nyuci sendiri kayak aku 🙂
        Hahaa… jadi di rumah kadang ngakalinnya pakai pembalut yaaaa…

        1. ga boleh kebanyakan jalan dan berdiri karena anjuran bedrest total itu mak. ambeiennya justru karena kelamaan duduk. ahahaha

          glukosa ku biasa aja, cuma kemaren si obsgyn minta di tes, ya aku test aja.

          iyak,dicuciin jadi ya diakalin aja. kesian yang nyuciin 😀

Leave some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s