perkembangan 31minggu


Aloha.

Tepat di hari terakhir 31minggu sebelum besok tepat 32minggu.

Menurut babygaga.com usia 31minggu si baby berukuran 41cm, 1,5 kg. Hm… beda2 ya standardnya, secara 30minggu kemarin si baby sudah 1520 gram dan masih dibilang kurang sama si obsgyn yang seharusnya 1600gram. Ah gak papa, beda2 dikit :D.

Bener kata mak Oline kalo makin tua usia kandungan, si janin makin sulit bergerak, ya dampaknya kadang2 ga aktip. Pernah saya dan suami deg2an karena hampir 2jam si baby kok ga gerak2. Udah diguncang2kan pelan, dinyanyi2in, dipanggil2, masih aja ga respon. Sampe sekitar 15menitan baru deh gerak lagi. Haduh.. haduh… nak, bikin senewen mama papa aja. Lain kali kalo tidur, ngulet2 sedikit ya, supaya mamanya ga khawatir.

Karena kasus ini, kadang2 saya suka waswas kalo mau tidur siang. Takut ga terpantau gerakan dari jam ke jam nya. Saya kadang tidur siang sekitar 1-2,5jam. Kalo pules banget, suka ga ngeh gerakan si janin. Tapi kalo lagi ga pules2 banget, sempet2in bangun sebentar, liat jam, trus kasi contrengan di kertas catetan gerakan janin.

Sampe saking waswasnya, si suami menyarankan saya untuk jangan PELOR *sebentar2 nempel di bantal trus molor*.  Yah abisan gimana yak, saya disuruh bedrest, ya ke kamar, ya rebahan, ya ketemu bantal. Kadang saking menikmati bedrest, bablas ketiduran. Ahahaha.

Juga jangan keasikan main laptop, karena menurutnya kalo saya udah pegang laptop trus browsing sana sini, suka kelupaan nyatet. Noted. Saran ini saya perhatikan dengan tetap meletakkan catetan monitor gerak janin di dekat saya bersama hp.

Kalo emaknya sih, masih bermasalah dengan ambeien. Udah ga sakit sih, cuma masih berjendol dan kadang2 bleeding. Kata temen saya yang dokter umum, ambeien dan varises itu umum karena pembuluh vena terhalang si baby. Nanti juga kalo udah lahiran masuk sendiri ambeiennya, entah kalo varisesnya ya. Gegara ambeien ini, hampir seminggu ini saya absen makan sambel. Hambarr rasanya kalo makan tanpa sambel -_-. Katanya juga sih ambeien itu ga ngaruh ke persalinan normal atau sesar. Bisa2 aja bersalin normal. Okey, besok itu akan ditanyakan ke obsgyn.
Ada artikel menarik tentang ambeien/wasir saat kehamilan 🙂

Si emak -saya- lagi males keramas tapi rajin nyari uban. Huahahaha. Nyari uban tuh bikin penasaran, tapi kalo keramas rasanya lamaa banget keringnya padahal sehari2 rambut digelung. Kalo basah ya, ga enak ngegelungnya.

Akhir2 ini BAB saya juga lancar, tapi kuantitasnya sedikit banget. Apa karena nutrisi terserap banyak oleh si baby, jadi sisanya cuma dikit ya?
Napsu makan saya juga lumayan meningkat. Maunya ngemil, tapi menghindari nasi. Nasi/bubur cuma sehari 3kali (pagi, siang, malem). Sekalinya ditawarin mie ayam, hayooo aja :D. Pengennya makan es krim mulu, padahal kan sekarang lagi musim hujan tiada henti, tapi enak2 aja tuh makan es krim.

Selain itu saya sering banget sendawa2 dan kadang tenggorokan terasa panas. Ternyata, menurut thread di forum bumil ini, itu karena organ dan saluran pencernaan tertekan oleh rahim yang semakin membesar. Tapi besok pas kontrol saya tanyakan lagi ke obsgynnya deh.

Kaki dan tangan kadang mulai keliatan menggemuk atau bengkak ya? Kalo di kaki sih keliatan menggemuk, tapi urat yang biasa nampak sih masih nampak alias belum hilang dan kalo dipencet2/ditekan sih memutih tapi masih balik ke posisi semula seperti biasa dengan cepat. Jadi, mungkin dianggap aja itu efek mulai menggemuk. Ada banyak artikel mengenai kaki bengkak selama kehamilan, antara lain ini, ini dan ini.

Persiapan persalinan dan kehadiran si baby pun sudah dimulai sejak minggu ini. Si mamake (mama mertua) sangat helpful banget loh. Dikeluarin stok baju2 bayinya si ade yang sekarang udah kelas 3SD. Masih cakep2 :). Trus dicucin dan disetrika. Si mamake sudah wanti2, baju bayi harus disetrika dan kalo ada kancing2 jangan dikancingin, supaya pas makein ke si bayi ga kelamaan buka2in kancing, takut keburu kedinginan. Noted.

Setelah diinventaris, ternyata 1 rak excel 5tingkat hampir penuh sama baju2 bayi. Wow buanyak ya ternyata?! Itu belum seberapa, kadang si mamake mengatur jadwalnya untuk belanja lagi yang kurang2 dan ternyata beliau bilang masih ada stok baju bayi di gudang atas. Wowww.. alhamdulillah ya Nak, rejekimu dari warisan si eyang lumayan banyak :). Sesuatu banget loh, mengingat kondisi saya yang ga bisa kemana2 sempet bikin mumet gimana caranya belanja. Suami sempet inisiatip mau belanja. Helllooowwww, saya tambah pusing. Apa kisahnya laki2 yang belanja perlengkapan bayi??! Syukurnya engga karena kekhawatiran saya beralasan.

Saat baju2 bayi sudah dicuci dan disetrika sama si mamake, tugas suami saya lah yang masukin dan menatanya di rak excel. Dia bingung2 sendiri, ini atasan atau bawahan? Masukinnya di rak keberapa? Ini baju pergi ditaro di rak keberapa? Ahahaha. Lelaki agak kurang mahir memang kalo urusan bebajuan :D. Tapi akhirnya mulai familiar dan mulai jago menatanya :). Ya semua berproses :).

Alhamdulillah, akhirnya mau masuk ke minggu 32 juga. Sehat2 ya nak, yang sabar di dalam, tinggal 8minggu lagi kok kita bisa berkumpul bersama :).

Advertisements

5 comments

  1. kmrn nyetir kelamaan sampe opis si Dd ga gerak dari pagi sampe sore wakakaka… g baru ngeh pas sore na, tapi kek na sekarang dia gerak g pun ga berasa, kecuali klo tangan g megangin perut kadang ada pergerakan kecil. dd g, klo g capek biasanya dia jadi kurang aktif juga :), tapi herannya klo g lagi nyetir aktif banget! jadi capek na plus2 hahaha…

    1. waduh ati2 pit kalo diemnya kelamaan. besok2 lu perhatiin lagi daripada ada hal2 yang tidak diinginkan.

      salut gua, lu masih nyetir mana kondisi banjir dan macet abiss…

      1. kemarin sih dr. na bilang gpp, bayi kan suka bobox juga… secara kemarin asupan makan g banyak, makanya dia anteng2 aja, kek na hobby bobox juga kek emak na ^^
        yah gimana lagi, nyari supir susah, suami ga bisa diarepin juga, kmrn ke opis 2.5 jam polang 3.5 jam lengkap hidup g ^^

        1. ow gitu ya, okay lah kalo si dokter bilang gpp.

          iya yah, nyari supir ampir sama kaya nyari ART sussaaaahhh banget. ya nikmatin aja. Lu berencana nyetir sampe mau cuti melahirkan kah?

          1. iya… dr. bilang gpp g tiap jam megang ada sih jendul2 gitu walo dikit dan bentar hahaha…
            pembantu buat urus si dd malah udah ada tinggal diminta datang feb nanti ^^, iya planning na nyetir sampai melahirkan ^^, dah wanti2 si dd jangan mules pas g nyetir wakkakaka

Leave some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s