32minggu : begah!


Hari ini tepat baby inside berusia 33minggu. Iyeeeeyyy. Sehat2 ya nak, ga lama lagi, Insya Allah kita berkumpul bersama :).  33minggu sudah terlampaui, pastinya waktu yang cuma 7minggu itu ga ada apa2nya dibanding 33minggu :). Good baby boy 🙂

Jadi, ada sekelumit cerita tentang perkembangan 32minggu. Di usia 32minggu, baru sekali2nya saya ngerasa begah banget. Keingetan pertanyaan dokter pas kontrol 32minggu kemarin tentang begah2. Pas kontrol sih emang ga ngerasa begah, tapi selalu deh pulang dari kontrol baru kejadian kaya ambeien dan juga begah ini.

Hari Senin tanggal 20 Januari 2014 itu, perut rasanya begah banget. Dari siang sampe malem. Kalo ngerasa begah, udah pasti perut kerasa kenceng2. Tapi inget lagi kata dokter, kalo kenceng2 diseluruh permukaan perut, itu artinya kontraksi. Kenceng2nya di hampir seluruh bagian perut, kecuali perut bagian atas dan bagian bawah yang masih agak2 ga begitu kenceng kalo dibandingin sama perut bagian tengah (radius kisaran pusar). Jadi, saya masih anggap ‘aman’ terkendali dan ga perlu balik lagi ke dokter.

Inget2 hari itu makannya overloaded atau engga. Baru keingetan, pas hari itu ternyata saya rakus nian sama pisang ambon! Sehari itu ada makan 3-4pisang ambon. Sebenernya dalam keadaan normal (ga hamil), makan pisang 1 aja rasanya cukup mengenyangkan, apalagi kalo lagi hamil dan makan lebih dari 1 pula, kebayang efek kenyangnya *tepokjidat.

Saya emang paling suka sama pisang ambon, hap hap hap. Kenyang aja gitu. Saking senengnya sampe dicemilin beberapa kali dan efeknya begah. Itu sih analisa suami saya karena pisang itu emang bikin kenyang. Satu aja seharusnya cukup, ga boleh overdosis.

Pisang itu sebenernya bagus buat bumil tapi ya balik lagi, kalo berlebih ya jadi ga baik dong. Jadi sejak itu, stop dulu makan pisangnya supaya perutnya ga begah2 terus2an dan berakhir ke kontraksi.

Untuk kasus saya, kontraksi sebisa mungkin dihindari karena cervix saya kan diikat. Kalau ternyata kontraksinya terlalu besar dan cervix dalam keadaan terikat, bisa berbahaya (apa ya bahayanya? lupa nanya). Menurut dokter, kalau banyak kontraksi, ikatannya harus dibuka.

Jadi sampai dengan saat ini, pisang dihindari dulu dan jus alpukat dijor! 2x sehari. Jam 10pagi dan jam 3siang. Susu Nutrican masih belum dapet, Susah euy nyarinya. RS saya yang kerjasama sama Apotek K24 aja baru aja ngabarin kalo susunya baru ready hari ini. Padahal dari kemaren suami siaga udah nelpon ke Apotek K24 terdekat, semua stoknya kosong.

Nutrican ini susu hasil kerjasama RS. Dharmais dan Kalbe Farma yang nutrisinya diperuntukkan penderita kanker. Emang agak susah dicari di apotik biasa.

Ada info sih dari temen yang kerja di apoteknya RS. Dharmais untuk nyoba ke “Anda Pharma” di deket pintu masuk RS. Mitra Keluarga Bekasi Barat. Cuma, emang belum sempet kesana. Hampir tiap sore hujan mulu. Si suami siaga agak ribet ngelepas kostum jas hujannya kalo musti mampir2. Akhirnya, putus asa dan nelpon RS untuk nyariin sampe dapet. Meski dengan beda harga sekitar 20rb an.

Gerakan janin juga agak2 jarang di minggu 32 ini, tapi tetep terpantau sih dan tetep saya catet. Baik2 ya nak di dalem, Sebentarrrr lagi kok. Anak pinter yang sabar ya 🙂

Advertisements

6 comments

  1. mau coba dicariin ga susu na di sekitar opis na pitshu, nti dikirim by TIKI aja, 1 kg 5,000 besok na sampe sih! di deket opis dan rumah ada K24 :D, emang di K24 aja ? kek na ditempat lain pernah liat juga deh 😀 klo perlu dicariin contact aja yah~

    1. hai hai pits, sementara udah ketemu. si pihak rs ngabarin udah ada, dan udah diambil. sekarang dalam tahap uji coba. rasanya kaya minyak ikan dalam bentuk susu :D.
      ini satu box blum abis, masih dalam penyesuaian dan liat hasil kontrol besok tgl 1, kalo ngaruh, kayanya lanjut. nanti dikabarin deh. makasih banyak ya pit atas tawarannya 🙂

      1. banyak orang yang ga suka susu sih… baik susu biasa, susu kalsium, susu hamil, dll. tapi yah sejauh ini sih… g suka ama yang namanya susu, dulu awal minum susu kalsium berasa kek jamu haha… tapi lama2 biasa, asalkan susu na ga warna putih aja, klo susu g kudu coklat pasti demen, manis ga manis asalkan warnanya coklat g demen, dan harus anget, klo dingin atau biasa aja justru eneg ^^
        g malah stop susu kacang kedelai tuh, dari awal hamil minum, sampe akhirnya kemarin g berasa eneg pisan, yah udahlah g stop aja, ganti ama bubur kacang ijo sekarang nonstop sampe lahiran nanti dah ^^

        1. gua sih termasuk suka susu, ya susu putih, susu coklat, stoberi, susu kedelai apa aja. tapi susu kalsium kaya anl*ne blum pernah coba sih.Palingan waktu itu sempet minum susu kalsium danc*w.

          Cuma emang waktu kecil ada semacam ‘trauma’ sama minyak ikan sc*tt itu loh. dulu pernah minum 1sendok makan, rasa amis dan minyaknya itu kebayang2 dan kerasa ditenggorokan sampe 2hari dan keingetan sampe sekarang. Bikin eneg dan ilfil sama minyak ikan.
          Tapi berhubung sekarang direkomendasikan sama dokter untuk mengejar BB janin, mau gag mau deh coba dipaksa.

          Iya, emang susu itu enaknya anget2 yak.

          kalo burcang sekarang lagi ilfil, biasanya tiap hari juga untuk cemilan jam 10. ilfil abisan tukangnya sering ga jualan, jadi sebel. ahahaha.

          btw, kalo susu ultr* coklat tapi dingin, suka juga?

          1. ohhh minyak ikan sc*tt yg putih yah… g jg geli sih… tp lebih geli ama susu kacang kedelai ^^… eh hamil boleh minum sc*tt yah ?
            lah burcang na ga masak dewek aja, g biasa masak 1/4 buat 3-4x makan, tiap pagi tinggal angetin aja 🙂
            klo susu kotak g suka dingin, klo ga dingin kadang suka eneg dan kudu coklat juga.. intinya g ga suka susu putih deh ^^, kecuali susu putih buat di es2 gpp deh hahaha… klo di seduh ga suka juga

            1. iyaahh minyak ikan yang itu. hmm kalo bumil, kayanya ga boleh kebanyakan vit a juga deh. kalo pun mau asupan vit a, langsung dari sumbernya, kaya wortel gitu. Agak2 riskan kalo yg udah olahan gitu.

Leave some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s