34minggu : gaya bebas paska lepas jahitan


Hoho, masih dalam postingan yang telat.

Jadi, setelah dilepas ikatan/jahitannya, mulai deh beraktipitas.

1. Mulai sholat normal (berdiri-ruku-sujud). Ahaaiii ini dengkul rasanya tebel banget dan kaku banget kalo bertumpu di pemukaan keras. Katanya kan ya gerakan anti sungsang hampir serupa dengan sujud, cuma agak lamaan. Tapi karena dengkul berasa tebel dan kaku, akhirnya sujudnya pengen cepet2. Jadi sementara ini masih latihan sholat normal kalo yang rakaatnya dikit aja. Adaptasi dulu. Kalo yang rakaatnya banyak, balik ke posisi duduk aja dulu yak 😀

2. Mulai nungging anti sungsang. Awalnya, nyoba di kasur, enak dan damai sampai nyaris ketiduran karena dengkul bertumpu pada permukaan yang empuk dan elastis. Rekor pertama adalah 9menitan *ngitung pake aplikasi contraction timer di android*. So far sih ga ada tuh rasa sesak atau pusing karena ga biasa. Belom coba lagi.

3. Sok-sok an gerakan ekstrim, ngepel manual pake kain pel tadinya seluruh rumah akhirnya cuma kamar tidur doang gaya nungging mbok2 jaman dulu. Mana kamar minimalis. Space lebarnya teramat minimalis, dengkul baru mulai belajar bertumpu di lantai yang keras, jadi ga betah dan susah banget bangunnya. Ngos2an. Alhasil cuma kamar doang yang dipel manual. Sisa ruangan lainnya, masih dengan kain pel yang sama tapi pake kaki aja kaya jaman saya single dulu. Kalo ketauan saya ngepel pake kaki doang, bisa dikepret sama mamake (MIL) dan suami saya karena ga sopannnn 😀

4. Kostum rumahan. Kostum rumahan saya setelah operasi cerclage adalah kaos+sarung. Ga malu? Lah orang saya di dalem rumah, ga kemana2 dan ga terima tamu pula, jadi ya santai aja. Lagian gampang kalo mau ke kamar mandi, tinggal angkat aja :D. Jadi, setelah kemaren dokter membebaskan aktipitas saya, mau gag mau jadi lebih rapih dan cantik. Tiap hari pake baju lengkap *luar dalam* kaos+celana panjang. Cuma agak ribet nyari celana panjang yang cukup di perut atau setidaknya bisa di bawah perut. Sempitt (>.<). Cuma beberapa yang cukup.  Di tengah kondisi hujan intens dan jemuran lama keringnya, celana panjang cukup 1 saja sehari untuk 2x mandi. Hihihi. Pengiritan dan juga stoknya kaga ada :D.

5. Pekerjaan domestik. Kerjaan domestik yang setelah saya operasi terlimpah seluruhnya ke suami siaga, sekarang berangsur2 saya kerjain lagi. Cuci piring yang tadinya kalo terpaksa aja dan kalo saya lagi ngambek aja saya kerjain sambil manyun2 dan duduk dikursi plastik yang buat mandi sekarang fine2 aja saya kerjain sembari berdiri. Nyuci pake mesin cuci full otomatis yang tinggal masukin baju kotor, tuang sabun dan pencet2 tombol dan prosesi jemur baju pun sekarang saya udah ga diinterogasi kaya kemaren2. Ya gimana ya, namanya naluri perempuan, kalo ngeliat cucian piring sampe numpuk, baju kotor seminggu kotor  dan baru dikerjain sama suami siaga setelah pulang kerja itupun sukur2 dia ga kecapean untuk ngerjainnya, kayanya gregetan. Pengen dikerjain tapi pasti kena nyap2, ga dikerjain tapi kok ga rela, tapi mau maksa suami siaga ngerjain cepet2 juga kesian.

Beberes, lap2 dan nyapu pun udah mulai saya kerjakan lagi. Itung2 kaya latihan jalan pagi yang ga pernah saya lakukan. Cuma nyetrika aja yang belum saya ambil alih lagi. Soalnya posisi nyetrikanya lesehan alias ngedprak di lantai sih sembari nonton tipi, masih belum berani dan strikaan menggunung bangetttttt, jadi biarkan itu jadi tanggungjawabnya suami siaga dulu deh :D. Kerjaan domestik yang saya kerjakan masih dalam radius dalam rumah saya aja. Kerjaan domestik bebantu si mamake (MIL) di rumah sebelah masih belum diappruv sama si mamake.

6. Napsu liar. Napsu liar disini maksudnya napsu mau berkeliaran jalan2 ke mol terdekat. Tapi, apa boleh dikata, suami dan mamake blum mengijinkan. Jadi ya, saya santai2 aja dulu di rumah. Padahal sih, kalo beneran udah boleh, saya mau jalan2 aja sendiri ke bakery tetangga depan (Holl*nd Bakery), Alf*mart, MM. Gairah liar yang terkekang 😀

7. Bobo siang. Makin lama, makin cepet cape. Apalagi kalo abis beberes, kayanya enak aja gitu bisa rebahan atau tidur siang gitu. Beberapa hari ini susah banget tidur siang. Pas baru lep tidur siang, si mama dateng berkunjung. Besokannya lagi enak2 tidur, dibangunin sama si adek ipar karena AC kamar mau dicuci. Pas kemaren mau bobo siang, ade saya yang kerjanya di stasiun tipi dateng berkunjung dan numpang tidur, alhasil saya ga ngerasain lagi tidur siang yang nikmat dan damai. Hohoho.

8. Sambel is allowed, officially! Makan sambel tuh udah dilarang setelah operasi untuk mencegah kontraksi yang bisa menyebabkan lepasnya jahitan/ikatan, ditambah ternyata ambeien kambuh. Tapi sejak lepas jaitan, bubur ayam sekarang dikasi sambel dikiiiitt. Ajang makan malem bersama dengan personil lengkap (mamake, ade2+suami siaga) pun sudah ga terlarang makan sambel asal jangan banyak2. Kemaren2 sih sebenernya saya makan sambel/yang pedes2 juga pas makan siang/makan malem, cuma diem2 aja sih dan kadang diumpetin dibawah timbunan nasi, kaga bilang2 daripada ntar jadi keributan yang ga perlu :D.

9. Gaya bebas. Yang tadinya saya cuma boleh duduk di bangku ‘singgasana’ yang tinggi, sekarang udah bebas boleh duduk di bangku/sofa yang lebih rendah, boleh duduk di lantai pula. Huaaa senangnyaaaa….

Semoga dengan gaya bebas yang bertanggungjawab ini, si baby juga ikutan senang dan ikut membantu dengan sabar di dalam sampai waktunya tiba. Amin.

Yang sehat ya nak 🙂

Advertisements

2 comments

  1. Aduh, Ratu, kasihan banget kamu. Saya jadi ikutan sedih denger perawatan post cerclage segini ribetnya. Semoga dengan cara begini si bayi bisa tertahan paling cepat sampek 37 minggu ya. Mau punya anak aja kok susah amat..

    1. hallooo bu dokterrr…. ahai senengnya bu dokter mampir dimarih.
      hihihi, ya gitu lah perjuangannya vic, mungkin emang jalannya dititipin dengan penuh perjuangan, semoga nantinya jadi alert untuk kita kalo dengan perjuangan ini jangan sampe si anak tersia2kan :).

      hihihi, gua mah enjoy aja supaya lebih ringan jalaninnya.

Leave some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s