37minggu : krik krik krik…


Alohaa….

Akhirnya sampai juga di 37 minggu. Sebenernya pergantian minggunya itu setiap hari kamis *kata aplikasi kehamilan di android berdasarkan Hari Pertama Mens Terakhir.

Jadi, awal minggu ke 37 ini apa aja yang dirasa?

BOSANNNN. Saya mau jalan2. AHahaha… kayanya udah dari minggu2 lalu sejak ikatan dibuka. Pengenannya bumil sih pengen jalan2, at least nengok rumah yang di Cileungsi-Jonggol sana, kabarnya pernah waktu ada hujan yang anginnya kenceng banget dan rumah2 yang ga berpenghuni, gentengnya pada terbangan. Nah loh? jangan2 rumah eike juga begitu? Untung temen kantornya suami siaga ada yang tinggal di cluster itu, udah nitip minta tlg diliatin sih. Tapi kan dia pulang kantornya sore, sampe rumahnya malem, mana bisa survey malem2? 😦

Cuma ya ga terwujud2. Suami siaga ga berani ngajak saya jalan jauh2. Cileungsi udah masuk Β ke kategori Β jarak jauh. Antar Kota Antar Propinsi. Ahahaha. Suami siaga takut, ntar saya tiba2 kontraksi dan brojol di perjalanan nan jauh itu, sementara RSnya di sini di deket rumah. Dan jalan kesana, rute terdekat itu cuma 1-1nya, liwat narogong-metland-jalan raya cileungsi. Kalo ga ada apa2 seperti kecelakaan, ngecor jalan aja luamanya paling cepet 2 jam, apalagi kalo ada pengecoran jalan dll? bisa lebih lama waktu tempuhnya. Nah jalan raya narogong itu pas kemaren musim banjir2, katanya lobang2 parah sangat tidak friendly untuk bumil. Sapa suruh beli rumah nan jauh dimato?

Ya kayanya suami siaga mengeliminasi kemungkinan stress ditengah jalan kalo2 saya kontraksi pertanda brojolan, jadi ya saya masih dirumahkan saja. Trus kapan boleh jalan2nya? Kata suami siaga sih, ntar abis lahiran *syarat dan ketentuan berlaku.

Maksudnya, abis lahiran teng juga ga bisa langsung jalan2 lah, emangnya kaga ada adaptasi sama si baby dsb dsb nya? Syarat dan ketentuan sudah diumumkan sejak beberapa bulan lalu, kalo si baby nantinya kudu-musti-wajib-harus Β jadi anak rumahan selama 3bulan. Hm… kira2 kalo anaknya jadi anak rumahan selama 3bulan, emaknya boleh berkeliaran ga ya? Ahahaha. Ya sudahlah ikutin aja. *pasrah.

SENAM HAMIL. Rencananya besok sabtu sekalian kontrol 37minggu, baru mau ikutan senam hamil. telat? yah jangan salahkan akuh.

32minggu : ikatan dilepas, tapi berat baby masih kurang dari 2kg. Kata obsgyn, nanti dulu ikutan senam hamilnya dan aktipitas lainnya.

34minggu : berat baby akhirnya mencapai 2kg, boleh ikutan senam hamil, daftarnya H-1. mulai dari jam 7pagi.

35minggu hari Jumat pagi jam 9 : suami siaga telp RS untuk daftar senam hamil, kuota full. Harusnya daftar jam 7 teng. Okay. Telat nelpon.

36minggu hari jumat pagi tepat jam 7pagi : nelpon RS buat daftar senam hamil untuk jadwal hari Sabtu *sebelum kontrol* dannnnnn udah full kuota. Whatttt? Saya nelpon sesuai prosedur loh, kok masih penuh juga? Ternyata kata resepsionisnya, banyak yang nelpon sebelum jam 7 dan diterima oleh perawat UGD. Ternyata kuotanya cuma 9orang per sesi. Ihhh… bikin ilfeel.

tepat 37 minggu, hari kamis jam 6.09 pagi : nelpon RS, dan daftar senam hamil untuk tanggal 22 feb sekalian sama jadwal kontrol 37minggu. Saya dapet nomor 1. Ahaaiii. Senangnya. Akhirnya terkabul juga, bisa ikutan senam hamil. Mudah2an bookingannya valid ya dan besok bisa beneran ikut senam hamil.

Sebenernya untuk senam hamil, saya sempet diajakin Mak Oline untuk senam hamil di RS Mitra Keluarga Bekasi Barat. Cuma ya pertimbangannya banyak, ya sayanya yg masih takut beraktipitas gerak2an paska lepas ikatan. Juga, kalo ga barengan sama jadwal kontrol, berat diongkos. Kereta kijang kencana itu musti dibooking jauh2 hari, belom bensinnya, jajannya, belom mengorbankan waktu nyetrikanya si suami siaga. Ga sebanding sama biaya senam hamilnya yang ga sampe 50rb. Jadi, lebih baik disekalianin sama jadwal kontrol dan di tempat RS yang sama.

Sempet saya komplain juga sih sama si Bidan pas kemaren CTG, itu gimana sih senam hamil kok semrawut gitu prosedur pendaftarannya? Si bidan bilang, ya kendalanya di matrasnya yang cuma 9 biji *matras kan murah, beli lagi aja toh?*. Ya kalo cuma 9 biji, kenapa ga dibikin beberapa sesi pas jadwalnya? Lagi2 terkendala si pengajarnya yang belum tentu bisa dengan beberapa sesi tersebut. Yah sudahlah. Kalo berjodoh, ya ikut, kalo engga ya, belajar napas seingetnya aja. Ahahaha.

DEG-DEG-AN. Satu persatu, bumil yang saya kenal udah mulai lahiran atau seengganya mulai kontraksi. Blogger yang se RS sama saya itu udah lahiran, sehari sebelum jadwal rencana sesarnya karena udah banjir flek dan alhamdulillah anak perempuannya+si ibu lahir dengan selamat. Sayangnya, dia udah cao dari RS duluan sebelum sempet saya tengok besok pas kontrol.

Sobat bumil lainnya, nyonyah pitshu dan mak Oline pun udah sering kontraksi. Mereka beda 2minggu sih dari saya, jadi sekitar 39 mingguan lah ya? Wajar ya kontraksi2 gitu. Berarti saya yg masih 37 minggu, masih jauh kali Β ya? Eh tapi engga juga ya, karena kapan waktu lahiran itu hanya Tuhan yang tau yak.

Yah deg2an ngerasa mulesnya, sakitnya dsb dsb. Mudah2an dimudahkan persalinannya dari yang kemaren pake induksi *masih kebayang euy mules tiada akhirnya :D.

Sehat2 ya nak di dalem, sabar dan mudah2an nanti lancar prosesnya.

Besok jadwalnya kontrol lagi. Semangat mau jalan2 melihat dunia luar!

Advertisements

13 comments

    1. mbak abis cerclage ada instruksi untuk bedrest total? kalo aku, abis operasi cerclage bener2 bedrest total, kerjaannya cuma makan, tidur, nonton, duduk. jalan/berdiri benar2 diminimalisir, alhamdulillah sukses juga sampe lepas cerclage di minggu 32 πŸ™‚

      1. Gak ada instruksi gtu.hbis psang 1mgu lgsg krja.kmrn usia 24mgu kluar drah dkit ru rehat.tp g bedrest total.msih jln cm dlm rmh ma kluar naek motor 😞 sring tiduran mlah kontraksi
        udah brp BB debat nya 😊

        1. waduh? kalo menurut saya, tindakan cerclage itu untuk kasus kandungan lemah, yang harusnya setelah tindakan itu harus bedres total supaya cerclage nya bisa support janin sampai batas aman sekitar 30mingguan. coba ditanya lagi mbak ke dokternya atau cari second opinion ke obsgyn lain.
          saya setelah cerclage, bener2 ga keluar rumah apalagi naik motor, jalan2 pake mobil aja cuma kalo jadwal kontrol ke dokter :D.

          berat janinnya sudah 2,7kg mbak πŸ™‚
          sehat2 ya mbak.

          1. Wah sngnya udah 2,7kg
            aq kmrn Usia 27mgu 1,2kg.ini udah msuk 30mgu mga BB nya udah 1,7an
            kta obgyn a g apa aktvtas asal g cpek.slma ktuban utuh akn aman2 aja gt πŸ˜’
            selamat mbk.mga persalinan nti lancar2 😊

Leave some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s