40minggu : sebelum hari H


Aloha.

Ini posting pending tentang lahiran si Arman.

Masuk di minggu ke 40.

Selasa, 11 Maret 2014

Kontrol hari itu untuk menentukan proses kelahiran bakalan pake induksi (normal) atau sesar. Si Obsgyn periksa dalem, seperti biasa, ngobok2. Masih belum ada bukaan. Beliau ‘ngobok2’pun masih ga terasa rasa mulesnya. Posisi kepala si baby udah agak turun, walau belum masuk ke panggul. Peluang keberhasilan dengan proses induksi naik dari 50% jadi 60%. Saya dan suami siaga berdiskusi dengan obsgyn mengenai perkiraan lahiran, proses normal/sesar. Si Obsgyn sih kekeuh, bahwa saya SANGAT AMAT BISA melahirkan normal dan memberi semangat ‘ayo-ibu-pasti-bisa’, tapi kalo ga ada bukaan ya terpaksa harus induksi. Tapi, masalahnya, saya trauma sama induksi. Masih keinget rasa sakit-tak berujungnya proses induksi.

Setelah panjang kali lebar, akhirnya si obsgyn ngasih best optionnya untuk melakukan induksi hari Jum’at. Karena menurut perhitungannya, hari Jumat itu HPLnya, jadi, hari Jum’at pagi, saya harus udah masuk RS untuk persiapan induksi. Atau kalau saya memang bulat tekad mau sesar, ya udah dateng aja ke RS hari Sabtu pagi.

Pulang dari RS, saya galau. Nonton devious maid dan scandal sambil berlinangan air mata. Padahal tau sendiri serial itu sama sekali ga ada sedih2nya. Mulai stress sendiri, dalam hati bilang, “Saya ga mau diinduksi. Sakit. huhuhu T_T”. Suami siaga ga tega juga ngeliat saya galau dan stress gitu. Akhirnya dia bilang, “ya udah, kalo ga mau diinduksi, kita ke RS nya hari Sabtu aja ya”

Masih ada 2 hari untuk berpikir dan membulatkan tekad.

 

Rabu, 12 Maret 2014.

Suami siaga cerita ke saya kalo kakak ipar ngasih support ke saya untuk melakukan proses induksi. Saya masih ga bergeming. Orang2 mah pada gampang gitu bilang induksi aja, emang mereka tau gimana rasanya? Tapi ya namanya support dari keluarga, diterima aja. Sembari saya mikir tentang kemungkinan induksi. Masa sih saya ga berani nahan rasa sakit induksi (lagi) ? Soalnya kalo sesar juga biayanya lumayan bikin lu-manyun. Ya perbandingan antara normal dan sesar sekitar 1 : 3. Kalo normal sekitar 5jutaan, sesar ya 3x nya :D. Itu untuk kelas yang paling rendah di RS itu. Mikir2 lagi.

 

Kamis, 13 Maret 2014

Kakak ipar siang2 bbm saya, support saya untuk proses induksi dengan diiming2i malam ini bakalan diajak jalan2 untuk refreshing menyambut ‘hari esok’ plus kakak ipar juga punya ide untuk ‘menghibur’ saya jalan2 ke mol sebelah RS trus nonton trus berenang dulu sebelom ke RS. Saya mulai goyah dan tergiur, sampai akhirnya saya memutuskan untuk menjalani proses induksi. Jadilah malem itu packing untuk besok pagi ke RS. Sebenernya saya sih udah packing untuk keperluan bersalin pake tas saya yang menurut saya sih cukup, tapi ternyata mamake (MIL) lebih suka saya bawa tas travelnya. Jadi, pindahin lagi lah semua packingan saya ke tasnya beliau sekaligus nyiapin keperluannya suami siaga kalo di RS, ya tiker tidurnya, ya selimutnya, ya bantalnya. Selesai packing, suami siaga nawarin saya untuk jalan2 keluar rumah, ya ke tempat donat kah atau kemana gitu untuk menghibur saya. Tapi sayanya yang ga minat ngapa2in, sembari ngedumel2 dalam hati, untuk kalian para pendukung induksi saya lakukan apa yang kalian mau. Cuma pengen cepet2 hari Jumat, cepet2 jalanin proses induksi, dan berharap semoga cepet selesai.

 

Jumat, 14 Maret 2014

Hari ini udah kaya saya beneran bakalan lahiran. Yang nganter ke RS, seisi rumah. Ahahaha. Si ade ipar yang masih SD sampai cuti dulu. Siap2, sarapan trus sekitar jam 7 atau 8 pagi gitu, kita sampe di RS. Suami siaga langsung depomil sementara saya daptar di front desk untuk tindakan induksi. Si front desk minta surat rujukan dari dokternya, saya bilang ga ada karena kemaren sayanya yang belom pasti mau diinduksi. Lanjut saya dianter pake kursi roda ke ruang VK. Ganti baju, CTG, infus. Kalo ga salah saya mulai di infus sekitar jam 10pagi.

Baca2 dan denger2 kata orang, kalo proses induksi itu sekitar 12jam-an aja. Ya udah, tahan2 aja lah kalo sakit. Ternyata sodara2, pas diinduksi lewat infus, saya malahan tidur. Padahal saya tidur di bed untuk bersalin, yang mana bed itu terdiri dari beberapa bagian yang bisa dilepas kalo proses persalinan. Yang intinya, tidur di bed itu sama sekali ga nyaman. Sambungan2 bed itu saya sumpel pake selimut RS dan saya selimutan pake selimut yang saya bawa sendiri. Tapi nyatanya, saya tertidur, pulas dan katanya ngorok. Si Mama yang dateng sempet bertanya2, itu di dalem infus, obat perangsang kontraksi atau obat tidur? Ahahaha. Yang jelas, saya sih kalo ngerasa ngantuk ya tidur aja, mumpung bisa tidur gitu. Napsu makan juga masih normal, malah berlebihan, bentar2 bawaannya laper aja gitu.

Beberapa jam kemudian, diobserve via CTG, masih ga ada kontraksi. Periksa dalem sama bidan, masih bukaan 2 kepaksa *karena keseringan diperiksa dalem sama si bidan. Saya disuruh jalan2 bawa2 tiang infusan untuk mempercepat bukaan dan mencari mules. Saya nekad jalan2 ke lantai 1 nyari jajanan, padahal ya di lantai 1 itu banyak orang dan saya saat itu pede2 aja jalan2 bawa2 tiang infus pake seragam untuk bersalin (blus kancing depan tangan pendek dan rok macem mukena yang pinggangnya bsa disesuaikan dengan cara diserut talinya) ke kafetaria ngelewatin ruang tunggu yang mana hampir seluruh saf bangkunya terisi.

Pas infusannya abis, si bidan ngasih tau kalo sekarang infusannya ditambah dosis obat kontraksinya. Aturr aja.

Nah pas diganti infusan yang ini, agak terasa mulesnya tapi dikittt dan ga seheboh ingatan saya tentang mules induksi lahiran pertama. Hasil CTG juga peak kontraksinya sering banget, si obsgyn minta tetesannya diatur supaya peaknya ga terlalu sering supaya seiring sama bukaannya.

Karena peak kontraksinya masih sering, akhirnya infusnya diganti lagi ke dosis awal. Di CTG lagi, ilang lagi peak kontraksinya. Di berentiin infusnya, ilang pula peak kontraksinya. Kalo ga salah, ada saat dimana infusnya diberentiin selama beberapa jam untuk liat kontraksi alaminya. Dan tidak ada kontraksi, sodara2 :D.

Sekitar jam 12 malem, masuk pasien bumil yang ketubannya udah rembes dan di bed sebelah saya. Entah gimana kasusnya, pokoknya dia diinduksi juga lewat infus.

Bersambung ya ke sini.

 

One comment

Leave some words

