gigi

15months!


Alhamdulillah Arman udah 15bulan!

image

Apa aja milestonenya?

1. Kemampuan bicara
Udah bisa ngomong dengan jelas :
ENGGAK!
IYA
Papa
Mama
Mam
Nenen
Dadahh (lengkap dengan gesturenya)
Emuah

Kedengeran samar2 :
Halooww
Capatuh? (Siapa tuh?)
Pupu (kupu2)
Cici (nasi)
Khaya khaya (???) Mungkin maksudnya “kaya” (rich) ya? Amin.
Bembem (ya Mobil ya motor yg bunyinya brem brem)
Emo (Elmo)
Yang (eyang)
Anan (jangan)
Ayan ayan (jalan2)
Mpu (lampu)
Nya a (nyala)
Cucu (susu botol)
Num (minum)

2. Gerakan
Udah lancar jalan. Meski masih galau arah. Kadang oleng ke kanan, oleng ke Kiri. Pandangan ke depan, belum ngeh Ada apa di langkahnya, jd semuanya sibuk menyingkirkan semua benda di lintasan jalan nya Arman.

Jalannya udah mulai cepat Dan cenderung mau lari, tapi sering lupa ngerem. Udah ngerti kalo diperingatin “pelan2″, langsung belagak slow motion.

Udah otomatis dadah dadah kalo Ada orang keluar pagar.

Langsung mengulurkan tangan kanan saat dibilang sayim (salim) ke tamu. Tapi selalu bilang, ” ENGGA” kalo disuruh salim ke emaknya bapaknya >.

Kalo jatoh yang standard2, kaya lagi jalan trus jatuh duduk atau tengkurep, selama kepala ga kejeduk, langsung berdiri lagi Dan ga pake nangis.

Udah mulai fokus ke satu button. Kalo mainan tab, udah fokus pencet tombol back, menu.

Kalo bobo siang, lullabynya maunya disetelin lagu my song knows what you did in the dark (light em up). >.

Kalo ke moll lebih banyak jalan sendiri sembari digandeng dibanding dengan digendong.

3. Perilaku
Kadang jadi super sensi kalo mamanya laporan ke papa nya tentang kegiatan kesehariannya. Arman langsung berisik ga jelas pertanda dia ga suka diomongin T_T

Arman ga suka kalo Ada orang berdebat di sekitar nya. Dia bakalan berisik ga jelas, yang kira2 penafsirannya dia ga nyaman Ada di tengah perdebatan.

Rutinitas masih sama.
Jam tidur masih tetap dijaga seperti sebelumnya. Tidur 3x sehari. Bobo pagi, bobo siang dan bobo malem. Paling malem tidur jam 9. Tapi biasanya jam 7-8an juga udah mulai ngantuk.

Mamanya gag boleh pake jilbab cakep di rumah walaupun cuma buat main2an, taunya kalo kaya gitu mamanya mau pergi.

Kalau Ada sebayanya dateng main, udah tau ngalah, ngebiarin Si tamu mainin mainannya. Kalo si tamunya yang model ngerampas apa yang dia pegang, si Arman nyari mamanya trus duduk aja deket mamanya sembari ngeliatin si tamu main.

Mama papanya ga boleh dideket2in/dimanja2in orang lain. Cemburu!

Kalo pegang hp langsung dipegang Dan ditaro di kuping sembari jalan2 Dan sok pura2 sibuk ngomong pake bahasa planet. Hehehe.

Gaya baru, jalan2 dengan kedua tangan di blakang. Macemnya lagi inspeksi. 😂

Udah bisa naik turun semua kendaraan dorongnya (mobil2an borong) sendiri. Walau lebih suka duduk ngadep belakang.

4. Makanan
Makanan Sudah full nasi, walau kadang masih langsung telan aja. Masih ga doyan Kacang hijau dari jaman bayi sampe sekarang. Sudah mulai diperkenalkan susu UHT, walau kebanyakan yg rasa coklat Karena yang plain/putih susah di dapet di warung terdekat.

Minum air putih makin rajin setelah dibeliin tempat minum timmy yang Ada sedotannya. Lumayan, sehari bisa setengah liter.
Dan berefek ke frekuensi ganti popok yg makin sering. Sehari bisa 6x ganti popok. Ya dari pada kekurangan cairan Dan dehidrasi?!

Minum apa aja jadi lebih semangat dengan wadah yang Ada sedotannya. Iyeyyy

Masih nenen sebagai pengantar tidur atau memperpanjang durasi tidur. Kalo udah tidur malem, 2jam sekali (sampe sebangunnya mama papanya) masih dikasi sufor sekitar 120ml, tapi jarang sekali sumpel langsung abis.

Minum susunya masih dikisaran 120ml, Blum move on sampe ke 200ml tiap sekali minum. Kadang sering ga mau, lantaran dia taunya kalo minum susu pasti disuruh bobo. Kecuali kalo ud mulai2 ngantuk, baru mau disumpel susu botol sembari nonton dibo.

Susu formula pun masih di merk yang sama. Pernah dikasi sample sufor merk lain, tapi si Arman gag doyan. Jadi stay di brand yg sama.

Masih belum makan ciki2an, permen, coklat Dan yang semua cemilan Manis. Ya udah beberapa Kali makan es krim tapi ga doyan2 amat sih. Juga ga makan kerupuk2an Dan pedes2. Masih yg standard.

5. Gigi. Sudah tumbuh 4 setengah! 2 setengah atas Dan 2 di bawah.

Alhamdulillah juga 3 bulan terakhir ini sehat Dan libur absence ke dokter. Senangnya hatikuu

6. Lain nya.
Aplikasi favoritnya semua aplikasi Laugh and learn nya Fischer Price. Dari mulai story book sampe yg animal.

Anyway, sehat2 selalu ya nak.

Posted with love from quinietab

Kontrol 12 minggu


Sabtu 31 agustus 2013

Setelah ambil darah pakai jarum kupu2, saya dan suami pun keluar bergegas mencari sarapan sembari menunggu jam 10 untuk dipanggil nomor urut 1. Sarapan di depan rumah sakit, Lontong Medan. Agak mahal yey 10rb dengan porsi dan rasa yang so-so aja.

Masuk ke RS lagi dan ternyata si suster yang mendampingi dr. obsgyn saya sudah manggil daritadi, dan pas manggil yang kesekian kalinya, saya sudah duduk manis dan siap untuk masuk ke ruangan dokter.

Setelah dipanggil dan basa basi sebentar, langsung USG Transvag. Horeee… 12 minggu dan si baby sudah aktip banget bergerak  dengan cepat. Kepala, perut, calon kaki dan tangan sudah ada. Senangnya. Agak keliatan samar, bakal ‘monas’. Hohohoho, anak ganteng ya sayang. Tapi blom pasti juga kata dokternya, masih bisa berubah. Tapi si dokter gag nyadar nulis lambang laki2 di buku riwayat kesehatan ibu yang saya pegang.

Cerviks sudah memanjang jadi 3,4cm dari sebelumnya 1,9cm. Alhamdulillah. SI dokter sih bilang, kalo sampe memendek jadi 2 cm, terpaksa harus diikat. Kalo menurut hemat saya yang tidak berlatarbelakang obsgyn sih, kayanya waktu pemeriksaan sebelumnya si cerviks itu baru mulai ‘menyesuaikan’ dengan kondisi kehamilan. Hihihihi.

Ketuban juga baik2 saja karena si baby dengan aktif dan bebas bergerak. Alhamdulillah.

Bu dokter juga nanya mengenai kesehatan gigi, apakah saya punya masalah dengan gigi? Oww tentu tidak. semua gigi berlubang saya, sudah habis saya cabut (cuma 2 deng) :D. Beliau mengobservasi hal2 yang bisa menimbulkan masalah infeksi yang bisa berakibat kepada terbukanya leher rahim sebagai jalan rahim.

Si bu dokter tanya tentang keputihan. Saya sih dengan PD nya bilang, kalo capeeeee banget karena kebanyakan aktivitas baru keputihan, tapi kalo biasa2 sih engga. Tapi dia rada2 gag percaya. Saya disuruh duduk di kursi-ngangkang trus untuk diobserve dengan cocor bebek itu loh. Sementara saya sudah siap di kursi itu, si bu dokter masih menjelaskan perihal panjang kali lebar mekanisme pembesaran janin dan penipisan rahim ketika si janin kian berkembang ke Suami saya diluar tirai observasi. Duhhh… saya yang sudah siap pada posisi, ter-anggur-kan sekitar 5menitan ditemenin sama si suster yang sudah pegang sarung tangan steril dan menunggu si dokter.

Dan si dokter melakukan hal yang benarrr. Karena ternyata, ada keputihan yang ada di cocor bebek tersebut tapi menurut si dokter masih normal warnanya, namun agak banyak saja jadi beliau meresepkan obat cebok. Ow.. ternyata boleh ya pake obat cebok kalo lagi hamil.  Tapi, bukannya kalo hamil wajar ya agak keputihan?

Si dokter akhirnya masih meresepkan cygest untuk diteruskan sebulan kedepan. Vitamin yang tadinya pakai fitamam diganti dengan folamil genio karena ternyata vitamam menyebabkan mual. Dan gag lupa obat cebok Lactacyd.

Sampai dengan selesai konsul ini, hasil lab belum selesai, jadi saya dan suami menuju ke lab untuk ambil hasil trus dikasi ke suster untuk dilihat sama dokter.  Kemudian saya dipanggil masuk untuk baca hasil lab.

Kontrol masih per 4 minggu. Tapi kalau ada keram/tegang di perut bagian perut, jangan nunggu sampai 4 minggu. Noted dok.

Biaya :

Konsul : 126k

USG Transvag : 200k

Folamil Genio : 123k

Lactacyd : 60k

Total :  509k

Pribadi, No Asuransi.

Cygestnya beli diluar karena lebih murah, lumayan bisa hemat 100-200rb. Oiya sempet nanya ke bagian administrasinya tentang tindakan Macdonalds (pengikatan rahim) biayanya sekitar 2750k belum termasuk harga kamar kalo harus rawat inap, administrasi 7%, tindakan2 lain diluar Macdonalds itu.

Total pengeluaran kontrol + lab hari ini doang : 957k.

Nak, mahal amat ya perawatan kamu. Jadi anak yang baik, sehat, tumbuh dengan baik di dalam sampai waktunya, jangan nakal ya.

Amin.