receipe

Praktikum : stove top pizza


Maksudnya sih bikin pizza ga pake oven, tapi pake pan anti lengket Teflon.

Saya praktikum pizza stove top ini udah 4 Kali, Dan akhirnya saya puas dengan hasilnya. Huahahahahaha *ketawa ala jin botol

Ini laporan Praktikum #1 & #2 Dulu ya.

Peralatan yang diperlukan :
Loyang/baskom untuk ngadon/ngaduk/campur2 semua bahan
Sendok ukur yang 1 seri dari mulai ukuran sendok teh sampe ukuran cup.
Pan Teflon anti lengket (saya pake yg diameter 21cm)
Tutupan panci yg bisa nutup pan teflon
Kompornya yg lengkap sama gas Dan regulatornya dong ya 😀
Spatula untuk ngaduk
Serbet/kain untuk nutup adonan
Pisau untuk potong2 toping

Toping #1 & #2
Saus pasta barbeque La fonte (17rb an) ditumis secukupnya.
Keju prochiz spread cheese (13rb an)
Sosis so nice 4 buah (@ 1000)
Saos tomat indofood (7rb an kalo ga salah)

Resepnya pakai resep ini :

image

Hasil praktikum#1
1. Dasar pizza agak gosong, ya karena baru kenalan sama api kompor untuk masak pizza. Kalo saya bilang apinya udah kecil, tapi kata suami KEGEDEAN. huahahaha.
2. Bantet!!!! Kenapa ya?! Tapi teteup aja ludes lantaran pada antusias karena namanya pizza 😁.
3. Bagian atas/topping ga begitu mateng, jadi saya inisiatip untuk ngebalik pizzanya sebentar, sekitar 1menit baru diangkat. Dengan kondisi teflonnya belepotan 😁.

Ini dia penampakan pizza perdana. Tradaaaaaa….

image

Praktikum #2, mulai modifikasi.
1. Air biasa diganti pake air susu. 1 sachet susu dancow bubuk (3rb) dilarutkan dalam air hangat 250ml.
2. Adonan setelah kalis, didiamkan 30menit.
3. Ini kecelakaan! Numis Saos barbeque nya kebanyakan, jadi saos barbeque pake pizza. Bukan pizza pake saos barbeque 😥

Hasil praktikum #2 :
1. Masih agak gosong dasarnya.
2. Masih bantet
3. Pizzanya berlumuran saos barbeque. Tebelan saosnya daripada pizza nya 😰.

Pizza praktikum #2 ini ga habis, ya karena saos barbeque nya terlalu mendominasi. Potonya pun ga ada, karena terlalu buruk rupa. Huahaha.

Analisa kesalahan :
Mungkin bantet lantaran raginya belum bekerja maksimal. Mungkin juga dikarenakan tutup pan yang kebesaran sehingga uap panas terbuang keluar.

Kesimpulannya :
Setelah 2 x praktikum pakai resep ini Dan masih bantet, Kayanya perlu referensi resep lain.

Pesan moral :
Memasak itu juga jodoh2an. Maksudnya, masak emang bukan bakat alami, tapi bisa diasah Dan dicari kondisi idealnya yang Mana berbeda2 untuk tiap chef. Kecuali kita anak gordon ramsay kali ya?!
Kenali kompormu, buat patokan sendiri yang bagaimana api kecil, sedang ataupun api besar. Kenali juga ‘sifat’ semua peralatan yang dipakai.

Sampai jumpa di praktikum lanjutan pizza stove top mendatang :).

Posted with love from quinietab