kontrol 38 minggu : periksa dalem


Jum’at, 28 Feb 2014

Jadwal kontrol ke obsgyn, dapet antrian nomor 6, jam praktek si obsgyn jam 19-20. Jam 16, suami siaga udah nelpon saya dari kantornya. Nanyain mau brangkat kontrol jam berapa, saya disuruh siap2 karena menurut asumsinya kita berangkat dari rumah jam 17. Eh sore amat. Akhirnya sepakat, kita berangkat jam 18.30 atau jam 19 dari rumah, abis sholat maghrib.

Berangkatlah jam 19 lewat, tadinya mah mau berangkat jam 18.30 an, tapi tiba2 si suami siaga berubah pikiran untuk mandi dulu menjelang maghrib! coba itu! bukannya sejak tadi siap2 kalo mau mandi. Jalanan agak macet, secara kan hari Jumat dan abis gajian pula. Sampe RS jam 20 kurang. Tensi dan timbang, trus langsung CTG ke ruang VK.

CTGnya ga ada yang ngantri, tapi dianggurinnya lumayan lama sekitar 15menitan lah. Selesai CTG, langsung turun lagi ke ruang tunggu depan ruang konsul si obsgyn. Si bidan yang nganter kita dari ruang VK langsung masukin status medis saya ke ruangan dokter. Saat itu baru nomor antrian 3 yang dipanggil. Eh, setelah si pasien dengan nomor urut 3 dipanggil, langsung saya dipanggil. Hohohoho. Cepatnya :).

Si obsgyn nanyain keluhan saya dan kenapa saya kontrol jumat malem karena biasanya Sabtu pagi. Iya dok, sabtu pagi ada acara (maksudnya mau ke Cileungsi lagi, tadinya).  Hasil CTG dibaca dan si dokter komen, “gerakannya bagus, belum ada kontraksi ya?”. Saya menggangguk. Grafik kontraksi CTGnya emang masih datar aja.

Tensi saya 120/60, timbangan 84kg, turun 1,5kg dari minggu sebelumnya. Iya, agak ga napsu makan aja akhir2 ini. Berat si baby antara 2,8kg – 2,9kg.

Lanjut ke bed untuk periksa dalem. Saya kira tadinya periksa dalemnya di kursi ngangkang. Ternyata kata dokter di bed aja karena nanti kan lahiran juga di bed. Ow beklah. Periksa dalem itu ternyata si dokter masukin telunjuknya ke dalem sambil nyari2 kepala si baby udah dimana. Ngobok2 gitu deh. Hihihi. Kata si dokter, kepalanya masih jauh, belum masuk panggul. Dan setelah periksa dalem, si dokter juga akhirnya meresepkan antibiotik untuk keputihan karena terdeteksi keputihan setelah tangannya selesai mengobok2 :D.

Lanjut ke USG, liat posisi bayi dan juga rupa wajahnya. Ahaaiii mirip banget bapaknya deh.

Saya dianjurkan untuk berhubungan dengan suami untuk mempercepat tapi kemudian diralat. Si dokter bilang, tunggu sampe keputihannya berkurang dulu ya.

Saya dianjurkan juga untuk banyak jalan kaki dan naik turun tangga. Bukan naik turun tangga ekstrim, tapi cuma naik 1 anak tangga, trus turun lagi dan begitu seterusnya. Makan ga ada pantangan. Tapi…. pas saya sebut duren. Dokternya langsung kaget dan ngelarang. Loh, piye toh dok? katanya ga ada pantangan.

Jadi ya, yang ‘anget2’ itu harus dihindari dulu, ya duren, ya kambing, ya tape. Puff…

Selesai konsul sekitar jam 9an, trus ngurus adm dan nebus obat.

Alamak, antibiotik Cefilla 200 itu muahal juga yak. Tarik napas panjang pas keluar invoicenya dari kasir farmasi. Suami siaga PD aja nebus obatnya, bukannya nanya dulu berapa harganya.

Setelah masalah adm selesai sekalian booking buat tanggal 8 Maret dan dapet nomor 6, saya dan suami mampir dulu minum es teler di sinar garut. Sayanya nyobain pempek yang juga jualan disekitaran tenda situ. Hihihi. Perpaduan yang aneh, pempek dan es teler. Pempeknya sih biasa aja, ga enak2 banget. ya lumayan lah untuk mengatasi rasa kangen sama pempek. Niatnya mau sekalian dinner, tapi keingetan tadi mamake udah masak nasgor dan pasti nyisain buat kita. Jadi dinnernya di rumah saja lah.

Biaya :

konsul dokter 133k; CTG 95k; Cefilla 15tablet 450k; total 678k

4 comments

    1. kan si dokternye yang ngasih, jadi anggap aja aman. Waktu mau operasi cerclage juga di test skin antibiotik say :).
      huaaa busui mama zio udah aktip lagi di blogoshpere

      1. soalnya disini kan apa2 ada mama yang ngurusin, dari makanan dll, g cuma duduk2, nyendok makan doank 😀
        trus yah nyokap tendeman yang OK buat begadang jagain Zio, dan mau diterapin ke si Buled, semoga si Buled bisa wakakaka 😀 jadi na g ada banyak waktu buat molor bahkan nge-blog

        1. huahaha iya iya bener juga. gua juga lagi nyiapin mental untuk itu. gua udah wanti2 sama suami siaga, kalo malem dia kudu ikutan begadang loh. awas aja gua yang kurus sendirian. ahahaha.
          iya betul2, blog harus selalu di update. *emak blogger ga mau kehilangan eksistensinya 😀

Leave some words

