26 minggu : 2nd cervical cerclage!


image

Sabtu, 30 April 2016

Iyes, ini operasi cervical cerclage yang kedua kalinya. Yang pertama ada disini.
Jadi, ya saya berpengalaman operasi ini.
Berpengalaman juga masuk ruang operasi RS yang sama dengan dokter yang sama.
2012 McDonald (tapi ga jadi, setelah diobservasi di ruang operasi)
2012 kuret
2013 MacDonald (sukses, yang pertama kakinya)
2014 sesar, lahiran Arman
2016 MacDonald lagi.
Berapa Kali tuh? 5 Kali ya?!

Jadi udah tau serba serbi persiapan operasi. Test lab, puasa, skin test antibiotic (yang tetap sakit Dari masa ke masa), infus pake jarum gede karena untuk tindakan operasi, trus biusnya spinal (tulang belakang), trus recovery 1*24 jam ga boleh gerak, lalu bergerak bertahap. Ya gitulah kira2.

Masalah nya selalu sama. Saya selalu kelaperan saat selesai operasi. Huahahahaha.

Lanjut.
Pagi itu, packing mah biasa, ga seribet kaya orang mau lahiran. Yang penting bawa sarung aja, aman. Ga usah bawa baju yang aneh2, perhiasan Dan semua logam ditinggalkan aja di Rumah. Kecuali HP, charger, tablet itu perlu untuk mengusir bosan. Huahahaha.

Pagi itu galau, si Arman yang masih tidur mau dibawa atau ditinggal Dan dititipin ke eyangnya? Kalo dibawa, otomatis harus dimandiin dulu, didandanin dulu, disiapin peralatan nya, makanan nya, dsb dsb.
Tapi suami maunya bawa si Arman dengan pertimbangan kesian nanti dia kaget bangun2 ga ada mama papanya. Akhirnya kita siap2 sembari nunggu dia bangun.

Ga lama dia bangun, langsung angkut ke Mobil beserta tas perlengkapan nya. Ya mainannya beberapa, baju ganti, popok Dan perlengkapan susunya.

Sampe di rs, daftar administrasi, kamar juga udah di booking. Suami bawa si Arman keliling2 RS supaya dia ga bosen. Ya diikutin aja gimana maunya.
Saat itu bersama an dengan pasien BPJS yang mau operasi katarak. Jadi, agak riweuh lantaran pasien operasi katarak komplain kok ga dipanggil2 padahal ga rame2 amat.

Sedangkan saya masih di resepsionis nungguin kasir buka, lantaran semalem lupa ngambil berkas asli rujukan bpjs. Yang diserahkan ke kasir hanya berkas kopiannya saja. Berkas aslinya kita pegang.

Setelah dapet berkas asli, tetep diminta fotokopiannya. Nunggu lagi kantin buka, karena mesin potokopi ada di situ, tapi kata resepsionisnya bisa menyusul ntar siangan.
Urusan administrasi selesai, saya dibawa suster ke ruang vk. Saya sudah SMS suami kalo saya dibawa ke vk.

Di vk, saya diem aja di bed yang disediakan sembari mendengarkan sayup2 ibu2 yang mendekati saat2 kelahiran bayinya. Ada yang sesunggukan karena mau sesar, ada yang baru selesai sesar. Ah rame lah pokoknya.
Sementara saya cuma mainan HP aja, ga tau sayanya mau diapain. Ada Kali 45menit disitu, akhirnya saya SMS suami saya, nanya dimana.

Ternyata suami saya nunggu di kamar perawatan yang sudah dibooking. Kita ketemuan di depan ruang vk trus nanya ke suster, saya mau diapain disini (vk)? Akhirnya dianter suster ke ruang perawatan.

Disitu baru deh di kasi infus sembari nunggu waktu operasi. Snack pagi (bolu) pun sudah dianter, tapi berhubung sayanya puasa, jadi buat yang jaga aja, suami Dan si Arman.
Lumayan buat isi perut si Arman, dibawa in roti untuk sarapannya tapi ga abis.
Trus mereka berkeliling demi membuat nyaman si Arman selama di RS.

Menjelang jadwal operasi, sekitar jam 13an, bed saya dibawa lagi ke ruang vk dianter sama suami Dan Arman. Terpisah di pintu belakang VK. Sempet gimana gitu saat terpisah sama Arman, padahal saya tau operasi ini sebentar, ga sampe sejam. Tapi kok ya rasanya gimana gitu. Sedih. Apalagi saya denger suara si Arman nanya2 ke papa nya, “Pa, mama kemana? Ayo kita ikut mama”
Tes. Netes airmata saya.

Di lorong di dalam vk ada beberapa bed ngantri masuk ke ruang vk, Dan saya salah satunya. Kata suster yang nganterin saya, saya disuruh ganti baju operasi. Suster yang nganterin langsung aja dorong bed saya masuk ke ruang vk, masa iya ganti baju di lorong tempat lalulalang?!

Si suster bawain baju operasi warna hijau, tapi pas dihamparin kok ya kaya taplak kecil dengan lubang ditengahnya. Huahahaha. Salah ambil katanya.
Trus si suster pamit, menurut nya nanti dibantu sama bidan/suster vk.

Ga lama suster vk dateng bawa baju operasi. Iyes, yang sama seperti operasi sebelumnya. Yang terbuka Dan tali temali di sisi pinggirannya. Jadi cuma nutup bagian tubuh depan Dan belakang, tapi tidak samping. Huahahaha.

Lalu pindah bed operasi, yang lumayan sempit, lalu masuk ruang operasi, pindah lagi ke bed operasi. Obsgyn saya beserta bidan sudah hadir disitu. Juga dokter anestesi. Prosesi pun berjalan. Saat itu jam 14.00, suntik bius spinal, lalu saya kedinginan Dan diselimutin, sembari sendawa2, masuk angin, kelaperan.

Kali ini bius spinal nya ga sakit, canggih deh dokter anestesinya. Yang sakit saat infus saya dipasangin three ways (percabangan untuk beberapa cairan infus masuk ke selang yang sama).
Sepanjang operasi saya sadar, saya lihat apa yang dikerjakan dokter saya lewat pantulan lampu operasi yang gede bangetttt.

Sempet nanya sama dokter anestesi, kapan saya boleh makan? Karena saya sudah kelaperan sangat! Kata dokter anestesi sih setelah operasi silahkan dicoba minum dulu, kalo ga ada reaksi muntah ya boleh lah dilanjut dengan makan.
Syukurlah, ga disuruh nunggu lagi.

Jam 14.20 operasi selesai. Tetiba mual saya sudah sampai puncaknya, mau muntah. Saya info suster yang masih beberes di ruang operasi. Beberes maksudnya beresin posisi saya ke posisi semula, lepasin alat penyangga dsb dsb.
Baru Kali ini muntah dalam keadaan bius lokal. Saya ga bisa narik keluar mual yang ada di perut lantaran perut masih dalam keadaan Baal. Kebayang ga sih kalo muntah tapi ga tuntas? Ya kaya gitu. Kzl.

Selesai muntah, saya minta teh manis karena udah kadung laper sangat. Saya dipindah bed lagi ke bed ‘antara’ yang sempit banget, trus pindah lagi ke bed kamar, baru dianter ke vk.
Sampe di vk saya nungguin teh manis nya kok ga dateng2 lamaaa banget, sembari bertanya2 dimana suami saya? Kok ga menghampiri saya? Padahal saya butuh banget dibawain makanan. Suster2 vk sibuk sangat, mungkin karena ada operasi katarak itu ya. Berulang2 kali saya nanya ke suster, perihal teh manis. Mana bed saya ga ada bellnya, akhirnya minjem ke pasien sebelah minta di pencet in.

Akhirnya suami saya dateng, tanpa Arman. Loh? Ternyata Arman sudah dipulangkan saat saya operasi tadi. Dia tertidur kecapean. Dan ternyata, suami saya ga dikabarin sama suster kalo operasi saya sudah selesai, pantesan saya dianggurin -_-.
Menyusul datang kakak ipar menemani saya.
Saya minta tolong dibelikan susu uht atau apalah yang manis2 untuk mengatasi kelaperan saya.
Bersamaan itu dateng juga teh manis beserta roti isi srikaya. Jadi langsung saya lahap, nyam nyam nyam.

Sekitar 2-3jam saya pemulihan di vk sampe kentut Dan bisa goyang2 kaki. Baru ditransfer lagi ke ruang perawatan. Selama pemulihan saya masih ngobrol2 haha hihi sama kaka ipar.
So far sih so good, ga ada perbedaan reaksi tubuh antara tindakan operasi yang dibayar pake pribadi sama yang dibayar pake bpjs.

Kadang kalo ga ada tamu, saya tiba2 ngantuk banget trus tertidur. Trus kebangun saat suster dateng mau Cek tensi atau kasi obat atau Cek detak jantung janin.

Ruang perawatan kelas 1, satu ruangan terdiri Dari 2 bed dan masing2 bed ada tempat duduk Dan sambungan puff. Mayan bisa buat tidur untuk yang jaga pasien walau ga satu badan penuh, ya 3/4nya lah terakomodir di kursi itu.
Kelengkapan lainnya standard, ada lemari besi nakas, tv flat yang digantung di dinding, juga ada lemari baju kayu untuk masing2 bed.

Makanan nya juga ga ada perbedaan antara pribadi Dan BPJS. Kapan aja saya minta teh manis dilayani dengan baik.

Hanya saja, pasien BPJS ga dapet perlengkapan Mandi seperti biasanya (pouch, washlap 2, sabun Mandi, sikat Gigi, odol). Gpp, saya jg udah bawa sendiri πŸ˜€

Arman ga dateng lagi ke RS hari itu. Tablet saya pun dibawa pulang sebagai hiburan untuk si Arman yang mama papanya di RS. Kangennya…

(Bersambung)

17 comments

    1. Hahahaha, ini udah yg kedua, jd udah mulai terbiasa. Selama kita masih chat di wa, nampaknya everything is fine πŸ˜€

  1. Oya mba, pgn nanya nih. Maaf kalo banyak nanya.. hehe..
    Mba waktu ikat servik yang pertama di usia kandungan brp minggu, dan waktu itu ketipisan servik brp cm saat di ikat?
    Kira2 mba bisa bergerak bebas di usia kandungan brp stelah di ikat? Sperti jalan2, atau naik motor?

    1. Halo mbak Winda, hehehehe gpp.
      Ikat serviks yg pertama kali usia kehamilan 16minggu dgn panjang serviks kurang dari 2,5cm. Aku ga tau brp ketebalannya.
      Baru boleh bergerak bebas setelah ikatan dilepas sekitar 32minggu ke atas.

  2. Wah, denger yang namanya operasi selalu bikin deg-degan.
    Iya sepupuku juga mual sehabis operasi, Tingkat berat malah, sampai maag nya kambuh.
    Cepet pulih ya … biar bisa kumpul sama keluarga di rumah πŸ™‚

    1. Sama mbak, akupun begitu. Pusing mual sering banget. Aku sih ga sampe maag.
      Makasih mbak Evy, aku udah di rumah πŸ™‚

  3. Saya bacanyaa sambil deg degan di awal mbaa, soalnya bayangin suntik dan oprasi oprasian. Selalu bikin paha kejang nyut nyut >.<

    Salam kenal ya mba πŸ™‚

  4. Mbaaaaak ….itu beneran operasi sampai lima kali?aduuh bayanginnya aja dah ngeri duluaaan mabk.Tapi mbak Sya hebat deh…aduh kok saya jadi mules bayangin operasi mbak ya.Eh tapi pelayanan BPJS sama ya mbak dengan yg bayar sendiri.Tapi itu dioperasi mbaknya sadar ya?lha itu dia saya yg ketakutan.Kalau operasi sesar itu kita sadar apa bius total mbak?

    1. Masuk ruang operasinya udah sering mbak. Ahahaha. Iya kalo dibayangin mah nakutin. Kalo ud didalemnya ya biasa aja.
      Kalo pelayanan di rs tempat saya sih alhamdulillah sama aja antara bpjs sama yg pribadi, cuma ga dapet washlap, sabun, sikat gigi, odol aja sih. Sebagian besar sih sadar. Kecuali kuret. Karena kan bius lokal via spinal (tulang blakang), operasinya jg cuma sebentaran palingan 30menit.
      Sesar, lokal mbak, via spinal. Kalo ga ada masalah sih sebentaran, paling lama 30 menit. Semoga lancar persalinannya ya mbak.

  5. Assalamualaikum mba, kita sepertinya punya pengalaman yg kurang lebih sama.. Selasa besok saya jg mau operasi cerclage, doakan lancar seperti mba yaa.. Klo boleh aku minta contactnya mba, mau tanya2 sama minta wejangan hehe
    Kirim ke email aku dyahpramita1989@gmail.com
    Terimakasih, tulisan mba buat aku semangatt

Leave some words