kontrol 30minggu – surat pembaca


Masih dalam rangka pending posting :D.

Sabtu, 4 jan 2014.

Tensi : 110/80; berat badan 78kg (naik sekilo dari kontrol sebelumnya).

Yang harusnya saya dapet nomor antrian konsul nomor 1 (sekitar jam 10an), jadi nomor 1 dari terakhir T_T (jam 1an).

Setelah menjalani test TTG0, akhirnya saya ngetem di depan ruang si obsgyn sendirian karena suami nungguin di lab untuk follow up hasil labnya.

Tepat saya sebagai pasien terakhir, dibawa masuk ke ruangan obsgyn tanpa suami saya. Si obsgyn sempet tanya2 mengenai konsul rujukan ke hematologi. Saya jawab sudah kesana, banyak test yang harus diulang karena hasil test sebelumnya yang saya sertakan dinyatakan tidak valid karena sudah kelamaan waktunya (beberapa bulan lalu). Tapi ketika si obsgyn nanyain tentang hasil test yang baru, saya bilang nanti tunggu suami saya aja ya yang menjelaskan :D.

Ga berapa lama suami saya dateng bersama hasil lab TTG0. Alhamdulillah baguss kata dokternya. Si obsgyn melanjutkan diskusi tentang konsultasi rujukan ke hematolog ke suami saya. Singkat cerita, si obsgyn sih menyarankan kita untuk ngikutin step2 test yang diminta, karena sebelumnya pas saya mau operasi memang ada beberapa test yang dipending dan kita cuma milih test ACA karena lebih prioritas. Muaahhhaall booow.

Sebelum periksa, si obsgyn menanyakan keluhan saya. Saya langsung ambil selembar robekan kertas kalender harian berisi pertanyaan dan keluhan. Waktu dan tempat dipersilahkan oleh si obsgyn ketika saya membacakan ‘surat pembaca’ 😀

Yang italic/miring itu jawaban dokternya ya.

Selama seminggu terakhir ini, saya full keputihan dok | okay nanti kita lihat ya.

Dok, buka jahitan kapan ya? | kalo ga ada kontraksi ya dibuka pas minggu ke 36 aja. Tapi kalo ada kontraksi ya di minggu ke 32, nanti dibuka.

Dok, saya bisa lahiran normal atau harus sesar sih? | kalo posisi sudah OK, kepala sudah di bawah, bisa kok normal. Tapi kalo sungsang, sesar aja ya.

Dok, si baby kok belum respon sama cahaya ya? | Mungkin posisinya lagi ga pas?! Bisa aja dia lagi ngebelakangin atau malah yang disinari perutnya si baby.

Dok, kalau perut tegang karena gerakan si baby di suatu tempat/titik, itu namanya kontraksi atau bukan ? | Bukan. Kontraksi itu kalo SELURUH perut menegang dan bukan di satu tempat saja.

Dok, ngilu2 di perut dan pangkal paha itu, gpp ya? | gak papa, lazim itu.

Dok, si baby kok geraknya sering hilang2an ya? sejam dua jam, tapi abis itu gerak lagi aktip di jam2 berikutnya | kalo dia ga ada gerakan, ibunya harus merangsang. Ya entah ibunya makan sesuatu kah, ganti posisi kah. Atau kalau khawatir, dateng aja ke RS untuk minta di rekam di atas (VK)

Trus, kapan saya boleh jalan2 pagi, jalan2 ke mol, senam hamil dan beraktivitas lainnya ? | hm… jangan dulu ya. Tunggu 32minggu dulu atau kalo bayinya sudah 2kg an lah. Sabar ya.

Sekian ‘surat pembaca’ dari saya

(bersambung)

3 comments

    1. 2minggu sekali pit. kemaren itu panjang banget ceritanya… jadi gua potong2 :D. minggu depan, minggu ke 32 baru gua kontrol lagi 🙂

Leave some words

