perkembangan 29minggu


Aloha,

Sekali lagi postingan telat πŸ˜€ karena si baby-inside udah masuk minggu ke 30 dan emaknya lagi mengingat2 progress selama 29minggu.

Si baby-inside sering banget diusilin sama papanya. Kalo lagi tidur atau kalo lagi ditanya trus ga respon, mulai deh papanya nyari2 powerbank. Di powerbank viv*n tuh ada flashlightnya. Mulai si papa mainin flashlight dan disenterin ke perut saya.

Kata si bidan, kalo udah 28w, si baby sudah bisa respon terhadap cahaya. Tapi, selama 29w ini sih saya perhatikan si baby belum respon banget2 sama cahaya. Jadi biar kata mau disinarin lama pake flashlight itu, si baby kalo lagi bobo atau kalo lagi males respon ya diem aja gitu. Ya mungkin emang belum waktunya kali ya Nak?

Jadi kalo dia ga gerak ataupun ga respon biasanya abis saya mandi dan makan, ya kita anggap aja dia lagi bobo. Enak adem dan kenyang.

Dari hasil observasi gerakan janin saya yang harus diisi ke kartu monitor janin dari RS, si baby itu biasanya tidur sekitar jam 9-10 pagi atau jam 10-11pagi. Karena pas jam segitu biasanya ga ada gerakan sama sekali, trus setelah itu baru deh mulai bergerak2 ngulet2 sampe akhirnya aktip banget menjelang waktu makan *alias laper.

Kalo di kartu monitor gerakan janin itu sih ga disebutin jam nya. Cuma kolom 1-10 untuk memantau 10x gerakan janin dalam tempo 12jam. Ya menurut saya sih rada ribet gitu kalo ga ada jamnya, jadi saya bikin catetan sendiri di robekan kalender harian perharinya pake durasi waktu, ntar seminggu baru deh dipindah ke kartu. Misal jam 6-7pagi, gerak, kasi tanda contreng. Jam 7-8pagi, gerak, kasi contreng lagi, begitu seterusnya. Sampe 12jam berikutnya.

Trus kalo sore, menjelang maghrib sekitar jam 5-6sore atau 6-7malem dia juga bobo sepertinya. Nanti jam 7an atau jam 8 malem an mulai deh nyari2in papanya, ngajakin main. Trus nanti perut mamanya mencang mencong deh pas si baby lagi ngobrol sama papanya :D.

Ngilu di pangkal paha masih kerasa, cuma ya lama2 biasa. Ngilu sih, cuma ya emang gejala wajar.

Stretchmark juga mulai muncul di bagian perut bawah sisi kanan dan kiri. Β Puser juga udah full rata dengan perut, jendol keluar dikit :).

Tendangan2 tiba2 juga kadang bikin kaget emaknya yang lagi anteng diem duduk manis atau lagi sleeping beauty *bobo cantik. Ahahahaha.

Emaknya udah mulai petakilan lantaran bosen, jalan2 ke dapur, duduk nonton tipi di ruang tamu, jalan2 ke tetangga (rumahnya si mama), sesekali nyuci piring, tiap ada hari libur maunya diajak jalan2, dan kemaren ngidam black forest sangat. Tapi terpaksa ditahan2, lantaran bentar lagi cek glukosa darah yang pake puasa 12jam, takut hasilnya jelek trus dirujuk lagi ke dokter spesialis -_-

Di minggu ke-29 ini pun lumayan kaget pas tidur malem di suatu malam, si baby inside aktip aja gitu gerak2 di dalem perut sampe jam 3an. Emaknya ga bisa tidur. Trus saya mikir2 kenapa ya kok bisa gitu? Entah berkaitan atau engga, tapi sorenya saya mandi sore setelah maghrib yang mana sangat-amat-terlarang menurut si mama mandi menjelang/bersamaan adzan maghrib apalagi mandi setelah maghrib. Baru kali itu tuh saya melanggar larangan dan malemnya langsung kena ‘batunya’. Ya percaya ga percaya sih.

Kayanya ingatan emaknya cuma sampe situ doang. Ahaha. Sehat2 ya nak, yg sabar di dalem sana, nanti kita jumpa pada waktunya πŸ™‚

Advertisements

5 comments

  1. perasaan semalem udah komen, kok enggak ada yah! bumil jalan2 ke mall terdekat aja.. tiap weekend ama suami isa donk πŸ™‚ nonton bioskop ^^

    1. ternyata judulnya mirip2 hahaha…
      ah ini yang kemarin lo bilang jangan mandi setelah magrib yah~ dari awal hamil sampe sekarang g mandi pasti selalu diatas magrib, soalnya pulang sampe rumah aja udah 7:30-8 pm ^^
      tapi emang akhir2 ini aktif selalu hehehe… lama2 g kebiasan sih, jadi bobox aja deh! kebal sudah pegel2 na ~

Leave some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s